Bidik Pemain Amerika Latin Berpaspor Asia

13
Penggawa arema FC saat menjalani latihan rutin. (NMP-M.Firman)

MALANG, NewMalangPos – Nuansa Amerika Latin dalam rencana besar Arema FC untuk mengarungi kompetisi Liga 1 musim 2021 akan semakin kental. Sosok pelatih asing dikabarkan berasal dari Amerika Latin. Begitu pula dengan pandangan dari manajemen soal pemain asing, kewarganegaraannya tidak akan jauh-jauh dari negara-negara di Amerika Latin, bahkan untuk slot pemain Asia sekalipun.

Dalam regulasi kompetisi Liga 1, empat slot pemain asing dibagi menjadi dua bagian, yaitu pemain asing Asia dan pemain asing non-Asia. Pemain asing non-Asia akan dijatah tiga pemain, sedangkan satu pemain asing lain wajib berasal dari Asia. Kendati demikian, General Manager Arema FC Ruddy Widodo memiliki rencana tersendiri soal regulasi tersebut.

Dia memaparkan, pemain asing Asia tetap akan dicarikan pemain yang berasal dari Amerika Latin. Caranya, pemain yang dimaksud sekalipun berasal dari Amerika Latin, tetapi dia sudah memiliki paspor Asia. Dengan begitu, statusnya tetaplah sebagai pemain asing Asia.

“Soal pemain Latin berpaspor Asia itu sudah disetujui oleh direksi. Intinya kalau bisa berpaspor Asia, walaupun diusahakan tetap dari Latin. Bukan fanatik juga sama pemain Latin, tetapi karena sebetulnya banyak pemain dari Brasil, Argentina itu paspornya dari Palestina, Irak atau Iran,” imbuh dia.

Pemain dengan karakteristik yang dimaksud Ruddy pun ada yang cocok dengan rencana manajemen. Manajemen menyebutkan, empat slot pemain asing itu akan menempati empat posisi berbeda. Di antaranya, kiper, stopper, playmaker dan striker.

Satu slot pemain asing non-Asia hampir dipastikan di posisi stopper. Selain itu, Ruddy juga membeberkan bahwa pemain asing di posisi kiper juga merupakan pemain Amerika Latin. Dengan begitu, regulasi pemain asing Asia akan mengisi di posisi playmaker atau striker.

“Stopper kan insya Allah Arthur Cunha. Kipernya juga pemain asing. Dua pemain itu dari Brasil. Tinggal dua slot lagi, yaitu playmaker dan striker. Di antara striker dan playkamer, satu slot harus Asia. Dan targetnya sudah kami tentukan,” jelas Ruddy.

Kendati masih membuka peluang antara playmaker atau striker, target sementara yang dimiliki Arema FC ada di posisi playmaker.

“Dari kami sudah ada calonnya, dua orang. Memang condong ke salah satu pemain, soalnya sudah dirembukkan dengan pelatih, mereka yakin cocok sama mainnya Arema FC dan pelatih baru ini,” jelas dia.

Ruddy menyampaikan, pemain-pemain asing yang sudah ditarget tetap akan dikomunikasikan dengan pelatih kepala baru. Saat ini, semua proses perburuan pemain asing sedang dalam proses. Para pemain asing baru akan dipastikan setelah pelatih kepala baru sudah diumumkan. (abr/jon)