BI Malang, Dorong Peningkatan Kualitas UMKM Fashion di Malang Raya

MALANG, NewMalangPos – Pemerintah saat ini tengah menggencarkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) untuk mendorong pelaku UMKM go digital dan memiliki daya saing tinggi. Bank Indonesia (BI) Malang pun turut mendukung gerakan tersebut melalui dukungannya terhadap berbagai kegiatan di Malang. Salah satunya pagelaran tahunan Malang Fashion Week 2021.

Malang Fashion Week yang diselenggarakan oleh Indonesia Fashion Chamber (IFC) Chapter Malang berama BI Malang dan stakeholders lain, bakal menggandeng para desainer lokal dan internasional. Event fashion terbesar di Malang ini rencananya akan berlangsung pada September mendatang dengan beberapa rangkaian acara seperti capacity building, talkshow, workshop desain, produk koleksi, business matching serta kurasi produk UMKM.

Baca Juga :  MMKSI Luncurkan New Pajero Sport Untuk Pasar Indonesia

Kepala Perwakilan BI Malang Azka Subhan Aminurridho mengatakan, kegiatan ini akan mempertemukan antara desainer dengan pelaku industri fashion atau UMKM. Rangkaian Malang Fashion Week 2021 sendiri telah dibuka pada Agustus ini dengan kegiatan webinar nasional “Menguatkan Industri Fashion Lokal Yang Berdaya Saing Global”.

“Webinar menampilkan narasumber nasional dari praktisi fashion serta social entrepreneur sebagai upaya mendorong peningkatan industri fashion dengan munculnya brand lokal produk-produk yang memiliki daya saing global,” ujar Azka.

Untuk mengajak pelaku industri fashion memiliki daya saing global, Malang Fashion Week 2021 dalam webinar tersebut mendatangkan narasumber nasional Viringga Kusuma yang merupakan seorang Social Entrepreneur dan founder AMATI. Dalam webinar ini Viringga membawakan topik tentang Membangun Kewirausahaan Sosial.

Baca Juga :  Jadi Motor Terbaik, All New Honda PCX Raih Bike of The Year

Selain Viringga ada juga Leny Agustin seorang Fashion Desainer, Tee Dina Mediani yang merupakan Fashion Trend Expert dan Dr. Edi Purwanto, Ketua Yayasan Insan Cita Agro Madani. Webinar nasional pembukaan Malang Fashion Week 2021 diikuti oleh 1000 peserta dari komunitas fashion dan desainer, para pelaku bisnis atau UMKM, Dekranasda dan kaum milenial. 

“Melalui kegiatan ini kami ingin mendorong pelaku usaha fashion di Indonesia terus berekspansi ke pasar halal dunia. Untuk itu guna mendorong promosi dan pemasaran fashion di Indonesia juga perlu diperkuat melalui pemanfaatan marketplace yang berbasis teknologi digital,” urainya.

BI Malang sangat mengapresiasi sinergitas dan kolaborasi bersama IFC Chapter Malang, Pemerintah Kota Malang serta Pemerintah Kabupaten Malang dalam penyelenggaraan Malang Fashion Week 2021 serta para pendukung kegiatan lainnya. Menurutnya, IFC Malang sebagai perkumpulan wirausaha dan perancang mode di Indonesia telah menjadi partner untuk memperkuat industri fashion di Indonesia khususnya di Malang Raya.

Baca Juga :  Graha Mulia Residence, Andalkan Hunian Ready Stock

“Masa pandemi ini, sinergitas antar lembaga merupakan hal yang penting dalam upaya pemulihan ekonomi daerah dan nasional. Khususnya sektor UMKM yang memiliki andil cukup besar terhadap perekonomian kita. Melihat besarnya peluang ini, Malang Fashion Week 2021 diharapkan dapat mendorong peningkatan kualitas produk UMKM fashion serta mendukung pemulihan ekonomi daerah,” tutup Azka. (lin/ley)

Pilihan Pembaca