Bersiap! Main ke Mal Dites Antigen

Ilustrasi: RURI/NMP

MALANG, NewMalangPos – Mal dan pusat perbelanjaan di Kota Malang tidak luput dari pengawasan keramaian menjelang Perayaan Hari Raya Idul Fitri tahun ini. Rencanya, Pemkot Malang akan menempatkan persediaan tes antigen di pusat-pusat perbelanjaan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Kota Malang ketika masa libur lebaran nanti.

Hal ini ditegaskan Wali Kota Malang Drs H Sutiaji, Rabu (5/5). Ia mengatakan pusat perbelanjaan di beberapa daerah memang sudah terpantau sangat padat. Kota Malang juga harus bersiap.

“Kalau tempat belanja ramai, artinya daya beli masyarakat naik. Namun, kami tetap mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan waspada. Jangan sampai ada penambahan fluktuatif (kasus covid-19),” terang Sutiaji.

Baca Juga :  Hanya Iseng, Fikri Malah Jadi Juara Video Prokes

Sebagai salah satu bentuk kewaspadaan, Pemkot Malang akan menyediakan alat tes antigen di pusat perbelanjaan. Hanya saja untuk jumlah dan teknis belum dibeberkan rinci. Nantinya pemeriksaan dengan rapid test antigen dilakukan secara random atau acak. Seperti yang akan dilakukan di pos-pos penyekatan di wilayah Kota Malang.

“Tindakan-tindakan preventif akan dilakukan, testing jugan. Saya nanti minta Kadinkes (Kepala Dinas Kesehatan) untuk melakukan tes antigen di pusat perbelanjaan, sebagai kontrol,” tegas alumnus IAIN Malang ini.

Ia menjelaskan saat ini hal tersebut masih disiapkan. Pusat perbelanjaan atau mal mana yang menjadi sasaran hingga berapa jumlah warga yang akan dilakukan tes antigen masih digodok teknisnya.

Baca Juga :  Antusias Sambut Latihan Perdana

“Iya, masih nunggu kesiapan alatnya dari Dinkes (Dinas Kesehatan). Saya sudah minta perbanyak testingnya. Kami terus perkuat testing, tracing dan treatment,” kata pria berkacamata ini. (ica/ley)