Bersama Media, UM Tingkatkan Layanan Informasi

KOMPAK: Para Wakil Rektor Universitas Negeri Malang dalam kegiatan sharing and hearing bersama media melalui kanal zoom meet tadi pagi. (FOTO : IST)

MALANG, NewMalangPos – Universitas Negeri Malang (UM) menggelar sharing and hearing bersama awak media. Meskipun diselenggarakan secara daring via kanal zoom meet, acara yang digelar Jumat (7/5) ini berlangsung dengan gayeng. Dihadiri oleh Wakil Rektor I, Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed., M.Si., Wakil Rektor III Dr. Mu’arifin, M.Pd. dan Wakil Rektor IV Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd.

Sharing and hearing berlangsung interaktif. Kesempatan diberikan kepada media untuk menyampaikan pertanyaan atau masukan-masukan.

Sehingga pertemuan daring ini menghasilkan beberapa pemikiran yang strategis untuk kemajuan UM. Terutama yang berkaitan dengan kerjasama media massa dalam memberikan layanan informasi kepada masyarakat.

Baca Juga :  Unmer Malang Gelar Wisuda Secara Daring dan Luring

Wakil Rektor IV UM, Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd dalam sambutannya mengatakan kerjasama dengan media merupakan sebuah keniscayaan bagi UM. Majunya perguruan tinggi tidak lepas dari peran media yang selalu menyajikan berita-berita konstruktif kepada masyarakat.

Termasuk dengan UM, selama ini telah membangun komunikasi dan kolaborasi yang baik dengan media. “Kami bersyukur selama ini hubungan UM dengan mesia berlangsung dengan baik, menunjukkan kerjasama yang positif untuk kemajuan bersama,” katanya.

Diantaranya menyajikan pemberitaan yang positif dan kontinu. Dan itu sangat mendukung terhadap kemajuan UM dalam meraih berbagai prestasi. “Kalaupun kurang positif tapi beritanya tetap berimbang.  Ada beberapa keterangan berupa konformasi yang disampaikan,” ujarnya.

Baca Juga :  Belum Kantongi Izin Satgas, Empat Daerah di Jatim Absen Laksanakan Sekolah Tatap Muka

Kerjasama selanjutnya adalah peluang yang diberikan oleh perusahaan media untuk mewadahi dan memfasilitasi mahasiswa untuk magang. Peluang tersebut tentu memberikan manfaat besar bagi mahasiswa dalam mengembangkan potensi dan kompetensi dirinya. “Karena kami ingin mahasiswa terampil. Mereka dapat mengasah kemampuannya di bidang jurnalistik maupun fotografi. Terimakasih media merespon positif terhadap kebutuhan kami tersebut,” tutur Prof Ibrahim.

Selain itu, kata dia, media massa telah berperan menyiarkan dan mempublikasikan berbagai informasi UM dengan cepat. “Bagi kami kerjasama ini  sebuah keniscayaan. Betapa besar peran media massa dalam mengawal perjalanan kami,” imbuhnya.

Baca Juga :  STIKes Panti Waluya Malang, Hadapi New Normal, Wujudkan Desa Tangguh

Prof Ibrahim dalam kesempatan tersebut juga mengungkapkan beberapa hambatan yang kerap terjadi dalam hubungan media dengan narasumber. Adakalanya akses layanan wawancara terhambat karena faktor kesibukan pihak yang kompeten dalam menyampaikan keterangan.

Untuk itu, kedepannya UM akan melakukan beberapa sistem dan prosedur layanan informasi pada media. Sehingga akses kepada wartawan lebih cepat. Dan itu juga berpengaruh pada keaktualan berita itu sendiri. “Kami atas nama pimpinan mohon maaf jika selama ini rekan-rekan media menemukan beberapa  kesulitan. Semoga kedepan hubungan,  komunikasi,  kerjasama kita semakin baik dan semakin positif,” tandasnya. (imm)