Vaksinasi Pertama Sudah Selesai, Selanjutnya Jurnalis dan Pelayan Publik

VAKSINASI: Petugas vaksinator sedang memberikan vaksin pada salah satu tenaga medis.( NMP-IPUNK PURWANTO)

NewMalangPos, MALANG-Pemkab Malang menyelesaikan vaksinasi tahap pertama untuk tenaga kesehatan, Rabu (3/1) kemarin. Dengan selesainya vaksinasi tahap pertama, maka akan dilanjutkan vaksinasi tahap kedua. Yakni untuk pelayan publik atau petugas yang sering bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Setelah Nakes, selanjutnya pelayanan masyarakat. Kemudian ASN (Aparatur Sipil Negara) dan beberapa lainnya, menunggu gelombang kedua,” terang Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat kemarin.

Sama seperti tahap pertama, pendataan akan dilakukan kembali untuk tahap kedua. Apabila pendataan telah selesai, maka calon penerima vaksin akan mendapatkan sms pemberitahuan.

“Nanti tahap kedua kita tetap menunggu arahan dari Kementerian dan Provinsi Jatim. Mereka yang akan mendapat vaksin, akan menerima pemberitahuan melalui SMS,” ujarnya.

Tidamk hanya ASN, vaksinasi tahap dua juga akan memasukkan kalangan jurnalis. Hal ini dikarenakan jurnalis merupakan salah satu profesi layanan publik yang erat bersentuhan dengan banyak orang. Pendataan terhadap jurnalis akan segera dilakukan.

“Jurnalis termasuk pelayan publik. Nanti kita data, jurnalis dengan PWI atau asosiasinya. Kita minta by name dan by address supaya bisa kita data dan usulkan,” tandasnya.

Sementara itu Puskesmas Kepanjen telah selesai melakukan vaksinasi terhadap tenaga kesehatannya. Dari 69 Nakes, 58 Nakes selesai divaksin. Sementara sisanya termasuk kontraindikasi dan tidak bisa divaksin.

“Kontraindikasi ini seperti pernah Covid-19, menyusui, hamil atau menderita kencing manis,” ujar dr. Didik Sulistyanto, Kepala Puskesmas Kepanjen kepada awak media.

Dikatakannya sebetulnya di Puskesmas Kepanjen ada 159 Nakes yang divaksin. Selain Nakes yang bertugas di Puskesmas, juga dari Rumah Sakit Teja Husada Kepanjen. Termasuk sebagian Nakes dari Dinkes Kabupaten Malang.(Ian/agp)