UMM dan Anisa Rahman Cocok di ‘Thalabul ‘Ilmi’

NEW MALANG POS – Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menggandeng Anisa Rahman menggarap video klip lagu berjudul ‘Thalabul ‘Ilmi’. Latar belakang dalam video klip itu kampus UMM. Penggarapan video klip tersebut sedikitnya memakan waktu sekitar dua minggu hingga publish di kanal YouTube keduanya.

Ketertarikan UMM terhadap lagu tersebut lantaran lirik yang disenandung memiliki makna luar luar biasa terutama bagi dunia pendidikan. Lirik tersebut erat kaitannya dengan tauladan Rasulullah agar tetap menjaga dan membentengi diri dengan pendidikan.

Seperti yang diungkapkan Sekretaris Humas UMM Moh. Isnaini, S.Pd, M.Pd, bahwa lirik yang dituangkan dalam lagu terbaru Anisa Rahman itu sangat bagus. Pantas untuk memberikan gambaran serta memberi pencerahan dalam menuntut ilmu.

“UMM melihat lagu ini cocok untuk untuk memberikan semangat dan pantas, karena pendidikan itu mencerahkan umat. Ini sejalan dengan gerakan pencerahan  Muhammadiyah, ciri khas Muhammadiyah untuk memberikan pencerahan kepada semua umat,” jelas Krisna, sapaan akrabnya.

Lirik lagu Thalabul ‘Ilmi mengisyaratkan agar diberi kemudahan dalam menuntut ilmu. Sebab ilmu adalah penerang kehidupan setiap orang yang perlu dicapai dengan penuh kegigihan. Lagu baru milik Anisa Rahman tersebut menarik perhatian UMM. Sebab memiliki arti yang luas sekaligus memotivasi siapa saja yang mendengar agar bersungguh-sungguh menuntut ilmu. Lagu dan video klip yang dituangkan menjadi kombinasi epik dengan menampilkan seluruh kegiatan pendidikan yang ada di UMM. Seperti perpustakaan, kegiatan kampus di laboratorium dan diskusi.

Dilanjutkan Krisna, menggandeng Anisa Rahman untuk membuat video klip di UMM lantaran perempuan berusia 25 tahun tersebut memiliki suara yang indah. Maknanya mendalam dan juga populer dengan lagu-lagu Islami.

“Sehingga begitu kami dapat informasi Mbak Anisa Rahman mau launching lagu baru, kami memutuskan untuk kerja sama dalam pembuatan video klip. Proses pembuatannya Alhamdulillah tidak ada kendala, syutingnya selama dua hari. Penyelesaiannya hingga publish kurang lebih dua minggu,” paparnya.

Ia melanjutkan lirik yang dituangkan juga ada korelasi dengan kondisi saat ini. Meskipun di tengah pandemi Covid-19 namun harus tetap semangat menempuh ilmu. Terlebih bagi mahasiswa UMM lantaran kampus telah memberikan sejumlah kemudahan seperti keringanan biaya pendidikan dan lain sebagainya. Sehingga di masa pandemi ini justru harus terus melangkah mengembangkan pendidikan.

Anisa Rahman adalah seorang penyanyi gambus yang sempat tergabung dalam grup musik Sabyan Gambus. Perempuan kelahiran Bekasi 12 Maret 1995 ini memutuskan keluar dari grub musik yang membesarkan namanya pada Mei 2018 lalu dan sekarang bernaung di bawah lebel rekaman HP Records sejak 2017 hingga sekarang.

“Video klip di UMM ini baru pertama kalinya kami menggandeng penyanyi nasional. Kedepan kami akan mencoba berkolaborasi dengan penyanyi-penyanyi profesional lainnya,” pungkas Krisna. (lin/van)