Tiga Kader PDIP Berpeluang Ketua Dewan

NEW MALANG POS-Tiga kader PDIP berpeluang menjadi Ketua DPRD Kabupaten Malang menggantikan Didik Gatot Subroto. Namun demikian keputusan akhirnya ada di tangan DPP PDIP.

Tiga figur yang berpotensi menjadi ketua dewan itu berasal dari struktural DPC PDIP Kabupaten Malang. Mereka kini duduk di kursi anggota dewan. Yakni Sekretaris DPC PDIP Kabupaten Malang Darmadi, Bendahara Tantri Bararoh dan Wakil Ketua DPC PDIP Bidang Pemenangan Pemilu, Tutik Yunarni.

Untuk diketahui, kini jabatan Ketua DPRD Kabupaten Malang kosong setelah Didik Gatot Subroto mundur dari jabatan ketua sekaligus anggota dewan karena menjadi calon Wabup Malang dari PDIP. Sebagai partai politik (parpol) pemenang pemilu, jatah kursi ketua dewan tetap milik PDI Perjuangan.

Ketua PDIP Kabupaten Malang Didik Gatot Subroto mengatakan penetapan ketua dewan merupakan kewenangan DPP PDIP. Namun demikian usulan calon tetap berasal dari DPC PDIP Kabupaten Malang.

Secara teknis dan prosedur internal, DPC PDIP akan lebih dulu menggelar rapat pleno. Rapat tersebut terkait pengisian jabatan Ketua DPRD serta Pergantian Antar Waktu (PAW) yang akan menggantikan Didik di kursi dewan. 

Dari rapat tersebut akan dipilih satu sampai tiga nama anggota  Fraksi PDIP Kabupaten Malang. Selanjutnya, melalui surat dengan lampiran hasil rapat pleno, dikirimkan ke DPP PDIP melalui DPD PDIP Jatim. “Prosedurnya begitu,” terang Didik.

Setelah surat terkirim, DPP PDIP pun akan menggelar rapat pleno untuk memilih satu nama yang ditunjuk menduduki sebagai Ketua DPRD Kabupaten Malang. “Saat menunjuk pun pastinya ada pertimbangan, sehingga tidak asal tunjuk,’’ tambahnya.

Secara normatif di partai berlogo banteng moncong putih ini, calon yang diusulkan merupakan   ketua, sekretaris dan bendahara (KSB) PDIP Kabupaten Malang. Mereka juga harus menjabat sebagai anggota dewan.

 “Ketuanya kan saya. Saya sudah mengundurkan diri sebagai Ketua DPRD. Tinggal sekretaris dan bendahara. Tapi kami harus mempertimbangkan dengan matang melalui pleno,’’ kata Didik.

Ia mengatakan, rencananya, Kamis (1/10) hari ini, pengurus DPC PDIP Kabupaten Malang

akan lebih dulu melakukan rapat untuk membahas jadwal pelaksanaan rapat pleno. “Paling tidak minggu depan pleno akan digelar,’’ katanya.

Didik menegaskan, rencana pembahasan dan gelaran rapat pleno sesuai arahan dari DPP PDIP. “Kami diberi  waktu untuk mempertimbangkan semuanya. Sehingga saat nanti kami mengusulkan nama, itu sudah dipertimbangkan dengan sangat matang,’’ tambahnya. (ira/van)