Rumah Dinas Bupati Siap Disulap Jadi Mall Pelayanan Publik

Bupati Malang H M Sanusi saat ngobrol santai dengan redaktur New Malang Pos Mahmudi Muhith dan Pemred New Malang Pos Abdul Halim di NK Cafe Karangploso.(IRA RAVIKA/NewMalangPos)

NewMalangPos – Rencana Pemerintah Kabupaten Malang mendirikan Mall Pelayanan Publik akan segera terealisasi. Tempatnya di kawasan kantor Bupati Malang di Kepanjen. Bangunan Mall pelayanan Publik akan menggunakan rumah dinas Bupati Malang. Hal ini disampaikan oleh Bupati Malang H. M Sanusi saat hadir dalam kegiatan silahturahmi dengan media di NK Cafe, Karangploso, Kabupaten Malang Sabtu (6/2) siang ini.

“Karena sekarang pandemi belum berakhir, tidak boleh membuat bangunan baru, sehingga kami memanfaatkan yang ada. Rumah Dinas Bupati yang ada di Kepanjen digunakan untuk Mall Pelayanan Publik,” kata Sanusi.

Sementara Sanusi sendiri mengaku tetap bertahan atau menempati rumah dinas lama di Jalan Gede, Kota Malang. Sedangkan Wakil Bupati Malang akan menempati Kantor Dinas Sosial Jalan Mojopahit, Kota Malang.

“Karena nanti semua kantor pelayanan berada di wilayah ibukota Kabupaten Malang di Kepanjen. Itu sebannya Kantor Dinas Sosial yang semula di Jalan Majapahit Kota Malang dipindah ke Kepanjen. Bangunan disitu akan dipakai untuk rumah dinas Wakil Bupati. Itu lebih besar gedungnya, dibandingkan dengan rumah Dinas Bupati,” kata Sanusi.

Sementata untuk Mall Pelayanan Publik sendiri, dikatakan Sanusi Pemkab Malang tidak menyiapkan anggaran pembangunan gedung. Hanya melengkapi fasilitas dan melakukan penataan.

“Nanti disekat-sekat saja, diisi dinas-dinas terkait. Diantaranya  Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPKPCK), Dispenduk Capil, Satpol PP dan lainnya,” urai bapak empat anak ini.

Dia pun mengatakan berdirinya Mall Pelayanan Publik ini tak lain untuk memberikan kemudahan masyarakat dalam mengurus perizinan. “Ini merupakan komitmen kami untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Dengan adanya Mall Pelayanan Publik ini tidak ada lagi permohonan perizinan yang bertele-tele. Orang mau membangun gedung IMB nya bisa satu hari sudah jadi,” urai politisi PDIP ini.

Sementara itu, kegiatan silahturahmi sendiri berlangsung gayeng. Tampak seluruh perwakilan media hadir. Tidak terkecuali dari New Malang Pos. Hadir langsung Pemred New Malang Pos Abdul Halim dan Redaktur New Malang Pos Mahmudi Muhith.

Selain itu kegiatan silahturahmi ini juga dihadiri oleh Kepada Desa Ampeldento, Camat Karangploso, dan tamu undangan lainnya.(ira)