PSSI Harus Segera Menghadap Kapolri, Arema FC Berharap Listyo Sigit Beri Restu Kompetisi

NewMalangPos

NewMalangPos, MALANG – Arema FC memiliki sebuah harapan di balik pelantikan Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) menggantikan Jenderal Idham Azis, Rabu (27/1) kemarin.

Tim berjuluk Singo Edan ini menggantungkan satu harapan untuk sepak bola Indonesia yang sudah mati suri nyaris setahun terakhir diperhatikan Kapolri dan mendapatkan restu untuk izin kompetisi.

Liga 1 2020 lalu memang akhirnya vakum sejak Maret. Sempat akan diputar awal September, namun akhirnya batal hingga saat ini karena belum mendapatkan izin dari kepolisian.

“Kami mohon dengan sangat kebijakan Kapolri yang baru ini bisa memberikan izin untuk kompetisi digelar kembali. Pilkada saja bisa diizinkan kenapa bola tidak,” ujar General Manager Arema FC Ruddy Widodo.

Ruddy pun mengingat, ketika momen Pilkada yang berpotensi menghadirkan kerumunan, salah satunya ketika kampanye, namun bisa digelar. Kala itu, dia berpikir bila setelah Pilkada izin sepak bola akan diberikan.

“Tapi setelah ditunggu-tunggu ternyata tidak,” ungkap dia.

Menurut dia, klub pun siap menaati aturan seperti menjalankan protokol kesehatan dengan ketat. Bahkan, sejak tahun lalu PSSI dan operator kompetisi sudah menyatakan siap menjalani liga tanpa penonton.

“Kami sanggup tanpa penonton jika kompetisi kembali digelar. Kami di-swab mau, divaksin juga mau,” tegas dia.

Hanya saja, Ruddy tidak menggantungkan harapan pada satu pihak saja. Selain Kapolri yang anyar, manajemen Arema FC juga berharap PT LIB dan PSSI segera  menghadap ke Mabes Polri. Menurutnya, hal ini sebagai usaha, setelah sebelumnya tak kunjung mendapat izin sepak bola padahal sudah beberapa kali mengirim surat.

“Mudah-mudahan teman-teman di PT LIB dan PSSI bisa berkomunikasi dengan baik tentang nasib sepak bola di Indonesia. Mudah-mudahan ada hasil yang bagus. Begitu ada kabar baik dan diinformasikan ke klub, klub baru bisa bertindak,” urai pria asal Madiun tersebut.

Arema FC sendiri menegaskan, bakal menetapkan langkah, setelah ada kepastian lanjutan sepak bola di Indonesia. Baik dalam bentuk kompetisi atau turnamen, yang bisa menjadi uji coba menggelar pertandingan di era adaptasi kebiasaan baru atau new normal. (ley)