Perangi Hoax, Bhabinkamtibmas Belajar Menulis Berita

Sekretaris Redaksi New Malang Pos Muhaimin menjelaskan tentang kode etik jurnalistik dan Medsos kepada peserta kegiatan Bhayangkara Polres Malang Berkarya dengan tema Menulis Berita Dengan Fakta, di gedung Sanika Satyawada Polres Malang.(IPUNG PURWANTO/NewMalangPos)

NewMalangPos – Menulis berita bagi wartawan harus mematuhi kode etik jurnalistik. Berita yang dibuat harus berdasarkan fakta bukan opini. Hal inilah yang disampaikan oleh Sekretaris Redaksi New Malang Pos, Muhaimin saat memberikan materi kode etik jurnalistik dan media sosial pada kegiatan Bhayangkara Polres Malang Berkarya dengan tema Menulis Berita dengan Fakta, siang ini, di gedung Sanika Satyawada, Polres Malang.

Aim begitu Muhaimin  akrab dipanggil menyebutkan, setiap wartawan tidak bisa sembarangan menulis. Ada kode etik jurnalistik yang harus diperhatikan dan ditaati. Terutama terkait dengan berita konflik, informasi yang disampaikan harus berimbang dan tidak menyudutkan.

“Ini berbeda dengan netizen ya. Kalau netizen maha benar. Tapi jangan lupa, juga ada UU ITE yang bisa menjerat netizen yang menyebarkan berita bohong atau berita Hoax,” kata Aim.

Bapak satu anak ini menyebutkan, para Bhabinkamtibmas bisa menjadikan media sosial menjadi sarana publikasi bagi kegiatan yang dilakukan Polsek atau Bhabinkamtibmas. Selain bisa menyampaikan melalui media mainstrem.

Tapi yang jelas, dalam menulis berita seseorang dituntut untuk kreatif. Berita harus memenuhi lima W satu H. Dengan penjudulan yang jelas, ditambah foto. Sehingga berita menjadi sempurna.

Tak sekadar memberikan materi, Aim juga mengajak peserta praktik membuat berita, memberikan judul berita, dan memberikan caption berita. Berita tersebut wajib diupload melalui media sosial Instagram dengan hastag polresmalangberkarya. Namun demikian dari total 120 yang ikut, tak lebih dari 15 orang yang mengirim berita tersebut melalui media sosial Instagram.

“Ya menulis memang butuh terbiasa.  Tidak ada yang sulit, harus kreatif,” tandasnya.(ira/aim)