Penguatan SDM untuk Atasi Persaingan Media

NEW MALANG POS – Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Dr. Fauzan, M.Pd mengapresiasi terbitnya New Malang Pos. Media Asli Korane Arek Malang ini mendapat sambutan baik UMM.

Saat diskusi dengan New Malang Pos, di Gedung Rektorat UMM, Kamis (23/7) kemarin, Fauzan berharap media ini terus berkembang menjadi lebih baik. Dari New Malang Pos hadir Wakil Direktur R Sri Nugroho, Pemred Abdul Halim, General Affair Manager Noer Adinda Zaeni, Manager Liputan dan Web Guest Gesang, wartawan Imam Wahyu dan fotografer M Firman.

Menurut Fauzan, New Malang Pos bukan media baru. Karena dikelola Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni dan berpengalaman di dunia jurnalistik.

Ia pun berharap New Malang Pos bisa membuat terobosan untuk kemajuan yang lebih cepat. Tetap fokus ke masa depan yang penuh dengan persaingan. “Jangan pernah menganggap masa lalu kita sebagai rival, karena berjalan saja kita jelas menang, apalagi kalau kita berlari,” ujarnya. 

Memandang masa lalu, tidaklah baik untuk akselerasi sebuah manajemen. Seseorang sulit maju kalau sering menoleh ke belakang. Sementara tantangan ke depan sangatlah berat. Yang perlu disiapkan adalah tekad, keyakinan dan strategi untuk maju. “Kalau masa lalu dijadikan ukuran, kita akan gampang puas, tidak akan pernah bergerak dengan cepat,” tambahnya.

Menurut dia, dalam manajemen yang paling utama kualitas SDM. Kemampuan masing-masing tenaga di dalam perusahaan wajib dipertimbangkan. Ada upaya peningkatan skill oleh manajemen. Misalnya dengan pendampingan dan pelatihan. Sebab mutu SDM erat kaitannya dengan kualitas kinerja dan produk dari perusahaan itu sendiri.

“Tetap fokus pada profesionalitas. Serta persiapkan SDM yang bagus, sebagai persiapan regenerasi,” katanya.

Fauzan mengatakan, New Malang Pos mendapat kesempatan yang startegis di sisi marketing. Media ini mempunyai kekuatan rebranding dari nama media yang sebelumnya. Meskipun demikian, bukan tanpa konsekuensi. New Malang Pos harus mampu menghadirkan konten-konten baru yang kreatif dan inspiratif. Cakupan berita yang lebih luas. Serta memberikan wadah untuk semua lapisan masyarakat.  “Konten dan cakupan berita ini  mesti harus dibangun. Rasanya perlu melakukan  maping pembaca,” tuturnya. 

New malang Pos
Wakil Direktur R Sri Nugroho, Pemred Abdul Halim, Manager Liputan dan Web Guest Gesang, diskusi bareng Rektor UMM Dr. Fauzan, M.Pd.

Masih kata Fauzan. Di masa kini, media cetak masih mendapat tempat di hati masyarakat. Koran dianggap media yang paling faktual. Kebenaran berita di koran masih lebih tinggi akurasinya dari media online. “Kepastian koran lebih kuat dari online. Potensi inilah yang perlu dikembangkan,” tandasnya.

Hingga saat ini Fauzan menganggap berita di koran menjadi surprise bagi pembaca. Berita-berita positif yang berkaitan dengan sosok figur masih terasa kejutan. Termasuk berita tentang instansi yang sifatnya konstruktif. “Saya kira orang lebih bangga masuk (diberitakan) di media cetak ketimbang online,” ungkapnya.

Suasana kunjungan manajemen New Malang Pos ke UMM berlangsung gayeng. Seakan seperti bersua dengan keluarga sendiri. Masing-masing pihak menyampaikan komentar yang saling mendukung untuk kemajuan bersama.

Saat akhir pertemuan, tim podcast New Malang Pos mengajak Fauzan berbincang tentang kebijakan kampus di masa pandemi. Terutama terkait dengan perkuliahan, kegiatan riset para dosen dan pengabdian masyarakat.

“Sesuai arahan pemerintah, UMM selama pandemi menjalankan tugasnya lebih banyak virtual. Perkuliahan dengan sistem daring. Dan beberapa kegiatan seperti seminar dan pelatihan juga dilaksanakan secara virtual,” ungkapnya. (imm/van)