Pengedar Sabu Purwodadi Ditangkap di Lawang

NEW MALANG POS, MALANG – Polsek Lawang membekuk satu pelaku narkotika. Tersangkanya Andi Setiawan, 26, warga Dusun Selohan, Desa Capang, Kematan Purwodadi Pasuruan. Dia dibekuk beberapa jam setelah maling motor ditangkap. Yaitu, Khoirul Amin, 39. Bedanya, Khoirul tertangkap massa di Singosari.

Khoirul dibekuk Senin, 31 Agustus malam. Sedangkan Andi dibekuk di Lawang Selasa (1/9) dini hari. Dua orang ini berasal dari dusun yang sama.

Lalu, apakah Andi terlibat dalam jaringan curanmor. Sampai hari ini, Andi masih diperiksa. Tetapi Polsek Lawang tetap meneruskan kasus narkotikanya.

“Masih kami sidik. Sementara nihil (keterlibatan curanmor). Tetapi, yang bisa ditangani sekarang adalah kasus narkotikanya,” ujar Kapolsek Lawang, Kompol Hari Subagyo kepada New Malang Pos, kemarin.

Setelah dibekuk, Andi diperiksa kesehatannya. Andi di-rapid test hasilnya non-reaktif. Namun begitu di tes narkoba, pria gondrong itu positif. Dia dipastikan menyalahgunakan narkotika.

Inilah yang menjerat Andi. Apalagi, saat ditangkap, Andi juga mengantongi sabu. Ceritanya, Polsek Lawang tengah berpatroli kring serse. Intensitas patroli makin meningkat karena kabar maling motor Singosari.

Benar saja, polisi melihat Andi di tepi rel kereta api. Tepatnya di Jalan Sumber Waras, Kalirejo Lawang. Dia berdiri di sana sekitar pukul 00.30. Karena mencurigakan berdiri sendirian, polisi berpakaian preman menanyainya. Andi gelagapan. Pemeriksaan dilakukan.

“Kami menemukan sejumlah barang bukti. Yaitu, satu poket sabu-sabu dalam plastik klip transparan. Ada juga satu plastik klip transparan kosong. Serta, satu handphone Samsung A20S hitam. Semua barang bukti diamankan ke Polsek. Tersangka kami gelandang juga,” sambung Heri.

Saat ini, Andi dijerat dengan pasal 114 dan 12 Undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika. Ancaman hukumannya sekitar 5 tahun penjara. Sedangkan, keterkaitannya dengan maling Singosari, masih didalami. Andi juga diyakini yang selama ini mengedarkan sabu di wilayah Lawang dan Singosari.(fin/agp)