Pemuda Harus Hebat!

new malang pos
Gilang Widya Pramana

Mampu Beri Manfaat, Perjuangkan Indonesia dari Sektor Bisnis

NEW MALANG POS, MALANG – Rabu 28 Oktober 2020, hari ini bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda. Hari yang cukup bersejarah bagi bangsa Indonesia. Diperingati setiap tahun, dan tentu memiliki arti penting, khususnya bagi generasi muda Indonesia. Seperti Gilang Widya Pramana, pengusaha muda yang kini dianggap crazy rich-nya Malang ini, memiliki pandangan tersendiri mengenau sukses.

“Sumpah pemuda itu menurut saya, bahwa kita harus memperjuangkan Indonesia. Ya kalau dari segi pebisnis seperti saya, harus jadi pemuda yang hebat dan bermanfaat bagi Indonesia,” ungkap Gilang kepada New Malang Pos, Selasa (27/10) kemarin.

Menurutnya, makna dari Sumpah Pemuda itu harus diterapkan dalam diri sendiri. “Kalau aku sih, pemuda-pemuda kita itu harusnya menjadi pemuda yang bisa bermanfaat untuk banyak orang. Gak cuma mentingkan diri sendiri. Seperti saya sukses, gak cuma untuk saya saja, selesai kalau sukses cuma buat saya saja,” terang Owner Juragan99 Trans ini.

Menurutnya, jika kesuksesan itu bisa bisa membantu untuk menyukseskan orang lain, bakal lebih bermanfaat dan lebih berkah. Selain itu, sebagai generasi muda harus bisa berprestasi, dalam segala hal yang bermanfaat. Apa pun wujudnya, penting manghasilkan karya-karya yang bagus dan luar biasa, menjadi sebuah prestasi. Termasuk prestasi menghasilkan usaha-usaha baru, yang beda dengan yang lain, dan mempunyai nilai kreatif serta inovatif.

“Saya yakin pemuda-pemuda Indonesia itu bisa membawa Indonesia lebih tinggi lagi. Karena pemuda kita sekarang itu mampu bersaing, sama negara mana pun, pemuda Indonesia lebih hebat, bisa mandiri dan bisa mengeluarkan semua ide-idenya. Kalau saya lihat pemuda-pemuda Indonesia sekarang itu hebat dan luar biasa,” yakin Gilang.

Terbukti dengan banyaknya pemuda yang kini mengembangkan bisnis start up. Kebanyakan mereka adalah anak-anak muda, yang kini pegang kendali atas Indonesia.

Menurut Gilang, anak muda sekarang lebih berpikiran terbuka, lebih berani, lebih kreatif dan lebih melek teknologi. Sehingga pada akhirnya apa yang mereka lakukan, bisa menghasilkan dan besar.

Lebih lanjut, suami dari Shandy Purnamasari ini mengakui bahwa sukses seseorang sebenarnya tidak dibatasi usia. Artinya mau sukses di usia muda atau tua, tak ada batasan. Menurutnya sukses itu milik mereka yang mau sukses. Salah satu kunci suksesnya adalah mampu memanfaatkan dan mengatur waktu sebaik-baiknya.

“Semakin kita tinggi, semakin kita di atas, waktunya itu semakin sempit. Tapi bagaimana kita bisa mengatur waktu dengan sebaik-baiknya itu yang penting. Lalu kita harus fokus apa yang kita lakukan. Meskipun punya banyak bisnis, saya tetap fokus, apa yang akan saya jalankan. Misal hari ini saya fokus dimana, besok dimana dan besoknya lagi dimana, jadi benar-benar fokus,” jelasnya.

Selain memiliki bisnis di bidang skincare, dengan merek MS Glow dan MS Glow for Men, Gilang juga punya pabrik kosmetik sendiri. Pabrik ini, selain memroduksi MS Glow, juga membantu produksi brand-brand orang lain. Ada juga bisnis transportasi yaitu Juragan 99 Trans, memiliki kos-kosan, printing, konveksi dan kini tengah mengakuisisi pabrik air minum.

“Intinya itu, mengatur waktu sebaik-baiknya, fokus kepada apa yang dikerjakan. Dibantu kerja keras, yang terakhir, kita harus punya value, nilai pembeda dari yang lain. Kalau sama saja dengan yang lain, ya orang lain gak akan lihat, tapi kalau punya nilai pembeda, orang akan memilih kita,” sebut pengusaha kelahiran Probolinggo, 4 Mei 1989 ini. (bua/ley)