Klub Kompak Ingin Liga 1 2021

Newmalangpos
Newmalangpos

Arema FC Anggap Izin Kompetisi Sebagai ‘Fit & Proper Test’ Kapolri Baru

NewMalangPos, MALANG – Owner’s meeting klub-klub Liga 1 yang digelar secara virtual, Jumat (15/1) sore disambut positif oleh Arema FC. Enam poin penting dalam meeting tersebut dianggap sebagai modal untuk segera memutar kembali kompetisi, sesuai dengan harapan para peserta kompetisi. Bahkan, kelanjutan kompetisi dianggap sebagai ‘fit and proper test’ kapasitas pucuk pimpinan kepolisian ketika memutuskan memberikan izin.

“Kelanjutan Liga 1 bisa jadi merupakan momentum ‘fit and proper test pucuk pimpinan Polri. Kami dari Arema FC berusaha untuk optimis sepak bola bisa digelar kembali,” ungkap Media Officer Arema FC, Sudarmaji.

Menurut dia, Arema FC memang menaruh harapan tinggi di momentum  pergantian pucuk pimpinan Polri yang akan dilakukan sebentar lagi. Menyusul masa purnabhakti Kapolri Jenderal Idham Aziz yang akan digantikan oleh calon tunggal Kapolri, Kabareskim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo. Sebab, digulirkannya Liga 1 bisa jadi tergantung izin kepolisian.

“Kami memohon agar izin atas terselenggaranya kompetisi dengan tetap patuh kepada aturan pemerintah tentang prokes bisa menjadi perhatian. Sebab sepak bola ini menghidupi banyak orang,” sebutnya.

Tentunya, keberadaan sepak bola tidak hanya menjaga kelangsungan hidup klub. Sebab, banyak orang mulai pemain, pelatih, karyawan dan juga stakeholder lain juga terimbas.

“Seperti sponsorship, pemerintah daerah yang berharap PAD, juga televisi terkait hak siar. Karena itu, kami sangat berharap ada solusi alternatif  dan bijak terkait kondisi sepak bola Indonesia,” papar Sudarmaji.

Jumat sore kemarin, Owner’s meeting berhasil menelurkan enam poin dan akan dibahas dalam rapat Exco PSSI, yang akan digelar pada 20 Januari mendatang. Enam poin tersebut yakni, (1) mayoritas klub Liga 1 mengusulkan pembubaran Liga 1 musim 2020, (2) mayoritas klub Liga 1 mengusulkan digelarnya Liga musim baru yakni musim 2021. Dengan proyeksi penyelenggaraan (seperti rencana PT Liga) adalah Maret sampai November 2021.

Kemudian, (3) PSM Makassar mengusulkan penghapusan sistem degradasi untuk Liga 1 musim 2021. Usulan ini didukung oleh Barito Putera, Borneo FC, Persita Tangerang dan PSS Sleman. (4) PT Liga sudah mengajukan permintaan 5.000 paket vaksin dan akan dibagikan untuk klub Liga 1. Selanjutnya, (6) RUPS para pemegang saham PT Liga Indonesia Baru akan digelar Februari atau Maret 2021 dan (6) hasil meeting ini akan diteruskan ke PSSI untuk segera ditindaklanjuti. (ley)

Berikut Review Owner Club Meeting Liga 1 & PT LIB , Jumat 15 Januari 2021:

1. Mayoritas klub liga 1 mengusulkan pembubaran Liga 1 musim 2020.

2. Mayoritas klub Liga 1 mengusulkan digelarnya Liga musim baru yakni musim 2021. Dengan proyeksi penyelenggaraan (seperti rencana PT Liga) adalah Maret sampai November 2021.

3. PSM Makassar mengusulkan penghapusan sistem degradasi untuk Liga 1 musim 2021. Usulan ini didukung oleh Barito Putera, Borneo FC, Persita Tangerang dan PSS Sleman.

4. PT Liga sudah mengajukan permintaan 5 ribu paket vaksin. Vaksin ini akan dibagikan untuk klub Liga 1.

5. RUPS para pemegang saham PT Liga Indonesia Baru akan digelar Februari atau Maret 2021.

6. Hasil meeting ini akan diteruskan ke PSSI untuk segera ditindaklanjuti.