E-Tilang, Pemkot Tambah CCTV

TAMBAH LAGI: Pemkot Malang akan menambah lagi CCTV di ruas jalan-jalan strategis Kota Malang untuk membantu polisi dalam keamanan dan program e-tilang.(Ipunk/Newmalangpos)

NewMalangPos, MALANG – Pemerintah Kota Malang mulai mewacanakan penambahan CCTV di berbagai titik di Kota Malang untuk berbagai keperluan. CCTV ini utamanya akan dipasang di ruas jalanan di Kota Malang. Sehingga kemajuan teknologi benar benar diterapkan untuk kepentingan masyarakat umum.

“Saat ini juga lagi digencarkan pengawasan kita menyeluruh, maka CCTV harus dikuatkan. Sehingga di masyarakat ketika ada kejadian apapun bisa terayomi. Kita disini harus melindungi karena negara harus hadir,” ujar Walikota Malang, Drs. H. Sutiaji.

Selain sebagai pengawasan keamanan, menurutnya CCTV ini akan menjadi sarana pendukung bagi kepolisian, khususnya Polresta Malang Kota untuk penegakan hukum berlalu lintas melalui e-Tilang.

Konsep e-tilang ini nantinya akan membantu kinerja kepolisian dan bertujuan meningkatkan kepatuhan masyarakat utamanya saat berlalu lintas.

“Seiring dengan itu, maka saya tanya ke Kapolresta. Titik mana yang sekiranya nanti diperlukan, maka nanti kami akan menganggarkan itu untuk CCTV yang saat ini masih terbatas,” imbuhnya.

Dengan bantuan CCTV, maka e-Tilang akan secara lengkap dan detail mendapatkan data pelanggar lalu lintas. Sekaligus, dapat menjadi bukti otentik bila diperlukan.

“Bagaimana dia bisa menangkap mobil, apakah ini melanggar. Disitukan ada, apakah dia tidak pakai spion, melanggar marka, tidak pakai helm, itu nanti di aplikasi atau sistem yang dibangun. Maka saya akan selalu berkoordinasi dengan Kapolresta dan DPRD,” jelasnya.

Meski demikian, Sutiaji belum bisa memastikan kapan realisasinya tersebut. Namun yang jelas, wacana ini akan diupayakan dapat segera dilakukan.

“Nanti akan kita anggarkan, sehingga goalnya adalah bagaimana melayani masyarakat dengan baik dan jaminan kepada masyarakat terhadap keamanan dan kenyamanan,” sebutnya.

Sementara itu, Kasatlantas Polresta Malang Kota Kompol Ramadhan Nasution menjelaskan, wacana tersebut masih dalam proses pengajuan awal. Selain itu, ia juga harus memastikannya terlebih dahulu ke pihak Dishub

“Saya masih belum bisa menjawab kalau itu, karena itu kan jangka panjang ya. Beliau mau membantu CCTVnya ya, itu masih rencana. Kemungkinan tahun ini, kami ajukan dulu ke Dishub. Nanti dari Dishub ke pak wali baru dianggarkan nanti,” ujar Rama, sapaannya.

Oleh karenanya, untuk saat ini Rama akan fokus untuk pemetaan awal terlebih dahulu. Setelah proses tersebut, maka baru bisa dilakukan langkah selanjutnya.

“Titik-titiknya kami masih belum petakan. Teknis juga belum kita rencanakan. Itu ide pak Wali dan beliau ingin bantu, ya nanti kita sambut itu. Insya Allah target tahun ini,” kata Rama. (ian/aim)