Disiplin Prokes Kunci Sukses PPKM

KAMPANYE MASKER: Ketua Komisi D DPRD Kota Malang H. A.Wanedi mengkampanyekan pakai masker kepada masyarakat bersama Forpimda.

NewMalangPos, MALANG – Pelaksanaan PPKM di Kota Malang diakui sudah sangat maksimal dilakukan jajaran Forkopimda Kota Malang. Meski begitu ada beberapa poin yang bisa ditingkatkan agar lebih maksimal. Salah satunya meningkatkan intensitas Operasi Yustisi atau penegakan kedisplinan Prokes.

Hal ini disampaikan Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika. Ia menilai penegakan kedisplinan yang dilakukan sejak PPKM pertama harus dilaksanakan terus hingga akhir masa PPKM di 8 Februari mendatang.

“Saya pikir ini sudah sangat maksimal. Angka penyebaran Covid juga dalam sepekan ini berkurang. Tapi memang kita minta diperpanjang lagi. Jadi apa yang sudah dilakukan dilanjutkan saja dan lebih massif,” tegas Made.

Politisi PDI Perjuangan ini menegaskan, jika lingkungan pemukiman hingga RT dan RW perlu ditingkatkan pengawasannya. Selama ini target patroli masih terlihat di bagian atau jalan-jalan besar saja.

Beberapa kawasan pemukiman, seperti di tingkat-tingkat kelurahan juga tidak sedikit yang memiliki kawasan padat kerumunan seperti kafe-kafe. Maka operasi yang dilakukan lebih baik menyasar ke tempat-tempat yang belum dijangkau sebelumnya.

“Ditingkat kelurahan juga masih ada kafe-kafe yang tidak Prokes. Bisa kesana untuk memaksimalkan operasi penegakan disiplin Prokes di sisa masa PPKM ini,” tegasnya.

Untuk menyukseskan PPKM ini pula, DPRD Kota Malang juga sudah menerapkan WFH sebanyak 75 persen. Kegiatan kedewanan penting pun ada yang ditunda. Yakni agenda reses yang ditunda ke Maret minggu ke-3.

Hal yang sama juga disampaikan Wakil Ketua II DPRD Kota Malang H Asmualik. Ia menyampaikan operasi yustisi harus lebih ditingkatkan di masa-masa berakhirnya PPKM kedua di Kota Malang.

“Operasi yustisi memang harus lebih ditingkatkan. Untuk memberi solusi agar ekonomi tetap bsia jalan tapi dengan pembatasan. Semuanya harus tertib agar bisa berjalan berdampingan,” papar politisi PKS kepada New Malang Pos kemarin.

Ia menyatakan, PPKM memang harus dijalankan dengan sungguh-sungguh. Bukan hanya oleh kalangan pemerintah daerah tetapi seluruh masyarakat dilibatkan dan terlibat didalamnya.

Ketua Komisi D DPRD Kota Malang H Ahmad Wanedi pun menyuarakan hal yang sama. Ia mengatakan jika selama ini apa yang dilakukan pemda dan jajaran sudah sangat maksimal. Untuk itulah legislatif juga ikut membantu.

“Dalam setiap kesempatan ketika bertemu dengan masyarakat kita harus menyelipkan pesan menjaga disiplin Prokes. Salah satunya saat teman-teman dewan hadir di acara Musrenbang (Musyawarah Rencana Pembangunan,red),” papar Wanedi.

Hal ini dilakukan karena kesadaran masyarakat menjadi kunci utama pengendalian penyebaran Covid-19. Jika dilakukan bersama, ia meyakini Kota Malang dapat mengatasi pandemi ini. Dan PPKM dapat berjalan dengan baik. (ica/aim)