Cemaskan Sponsor

NMP
foto: Ipunk/Newmalangpos

NewMalangPos, MALANG – Mayoritas pemilik klub Liga 1 yang baru saja menggelar Owners Meeting pekan lalu menginginkan kompetisi diputar dengan memulai musin baru atau Liga 1 2021.

Arema FC siap mematuhi apabila PSSI akhirnya memutuskan menghentikan kompetisi Liga 1 2020/2021. Akan tetapi, manajemen Singo Edan memiliki kecemasan tersendiri terkait sponsor.

Manajemen Arema FC harus siap mempertanggungjawabkan perjanjian mereka dengan sponsor selama musim 2020. “Pastinya, pihak sponsor akan menanyakan uang yang sudah masuk ke klub. Tentu harus ada timbal baliknya, mereka mensponsori kami,” ujar General Manager Arema FC Ruddy Widodo.

Sejauh ini, diakui Ruddy, memang tidak ada masalah dengan sponsor. Menurut dia, sponsor bisa memahami kondisi dan situasi yang terjadi, sebagaimana 2020 menjadi tahun yang berat untuk klub dengan adanya pandemi.

Namun, pihaknya tetap khawatir soal musim 2021. Apalagi, bila kepastiannya adalah kompetisi 2020 berakhir dan dimulai dengan musim yang baru.

“Oke lah, bisa jadi mereka (sponsor) tidak masalah untuk kompetisi musim sekarang yang dihentikan ini. Lalu, musim berikutnya bagaimana? Apa mereka masih mau menjadi sponsor lagi?” tutur Ruddy.

Sebelumnya, manajemen Arema FC termasuk getol menyuarakan agar kompetisi dilanjutkan. Bila harus memilih, tim yang bermarkas di Stadion Kanjuruhan ini ingin kompetisi Liga 1 2020/2021 dengan berbagai pertimbangan. Termasuk pertanggungjawabam kepada sponsor.

“Jujur saja kalau disuruh milih, mending dilanjutkan karena biarpun 2020 sudah lewat, tetap harus dijalani dan diselesaikan meskipun tanpa degradasi atau bagaimanapun formatnya. Baru setelah itu ada liga 2021. Ada hak dan kewajiban musim lalu yang harus diselesaikan.

Nah agar tidak ada tanggungan itu harus diselesaikan terlebih dahulu, kalau dilewati akan lebih berat, jadi alangkah baiknya liga 2020 diselesaikan terlebih dahulu, baru ada liga baru,” terang dia.

Hanya saja, saat ini mayoritas klub ingin kompetisi musim lalu dibubarkan dan fokus liga baru. Manajemen Arema FC mengaku akan menerima apapun yang diputuskan PSSI, sekalipun tak sesuai keinginan mereka.

“Kembali lagi kami loyal dengan keputusan federasi. Kalau federasi memutuskan liga 2020 stop dan diganti liga 2021, kami juga tidak masalah,” jelasnya

PSSI sendiri baru akan mengumumkan kepastian mengenai kompetisi pada 20 Januari mendatang. Pada tanggal tersebut bakal digelar rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI untuk menentukan bagaimana status musim 2020. (ley)