Awas Jalan Payung 1 Retak

Petugas BPBD Kota Batu tengah melakukan pengecekan terhadap jalan retak di Payung I Jalan Brigjen Moh Manan , Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu Minggu (14/02)

NewMalangpos, KOTA BATU – Retakan tanah terjadi di Payung I Jalan Brigjen Moh Manan , Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu. Hal itu dilaporkan oleh Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Achmad Choirur Rochim Minggu (14/2) sore.

Ia menyampaikan berdasarkan informasi warga, retakan tanah sudah terjadi kurang lebih 2 minggu terakhir. Retakan terjadi disepanjang jalan area warung Payung I. Bahkan tanah disekitar tersebut juga ambles.

“Untuk dimensi rertakan bervariasi, antara panjang 46 m, lebar rekahan mulai 3 cm sampai 15 cm yang mengakibatkan struktur bangunan retak atau rusak. Sepanjang pinggir jalan area warung juga ada retakan dan tanah ambles,” tegasnya.

Akibat adanya retakan tersebut, terjadi kerusakan atau kerugian berupa tiga warung bagian kamar mandi mengalami retakan bangunan yang paran, jalan mengalami keretakan sepanjang 15 m, bahu jalan mengalami penurunan dengan level sekitar 10-15 cm dari jalan raya dan bahu jalan mengalami keretakan sepanjang 75 m dengan dimensi keretakan bervariasi hingga 15 cm.

“Saat ini kami tengah melakukan kaji cepat dan berkoordinasi dengan pihak terkait. Kami himbau kepada pedagang di sekitar payung 1 untuk waspada dan berkoordinasi jika terjadi retakan tanah lebih besar lagi. Serta pemasanagan tanda bahaya di sekitar retakan dan area yang ambles,” paparnya.

Selain itu juga tengah dilakukan pemasangan rambu rawan longsor di sepanjang jalur payung, pemantauan berkala area jalan yang retak terutama setelah hujan, pengecekan bersama dengan instansi terkait, untuk mengetahui penyebab terjadinya retakan dan koordinasi dengan pihak terkait untuk pembatasan tonase kendaraan yang melintas di area payung. (eri/ggs)