Beri Motivasi Pemain

MOTIVASI TINGGI: Pemain Arema FC memiliki motivasi tinggi setelah kepastian akan digelarnya BRI LIga 1.

MALANG, NewMalangPos – Sepak bola bukan soal teknis dan taktik saja di lapangan, tapi juga soal mental. Tim pelatih harus tahu cara memotivasi pemain, jadi tidak melulu soal instruksi di lapangan.

Tugas memotivasi pemain itu bisa lebih mudah apabila persiapan pemain sudah sangat matang. Penggawa Arema FC diyakini melakukan persiapan yang lebih baik jelang BRI Liga 1 dibandingkan pada Piala Menpora 2021 lalu.

Asisten pelatih Arema FC Kuncoro menceritakan saat Arema FC tersungkur di Piala Menpora 2021. Moral para pemain jatuh setelah bermain tidak cukup baik di pertandingan pertama, bahkan kalah di pertandingan kedua. Di pertandingan ketiga, motivasi untuk memenangkan pertandingan agar wajib lolos juga tidak berpengaruh.

Baca Juga :  Segera.. PAW Anggota DPRD Kabupaten Malang, Nama Calon Sudah Dikantongi

“Waktu Piala Menpora 2021 itu kita tidak berprestasi. Pemain sudah dapat motivasi di setiap pertandingan. Tapi begini, supaya motivasi itu masuk, mereka harus ada modal. Modalnya apa? Ya seperti persiapan fisik mereka,” kata Kuncoro.

Jelang kompetisi yang bergulir sekitar sebelas hari lagi, Kuncoro mengatakan persiapan tim jauh lebih maksimal. Walau sempat terkendala beberapa kali karena aturan PPKM dan libur lainnya. Kali ini ia yakin, pemain akan jauh lebih mudah dimotivasi karena fisik mereka mendukung untuk bisa total di lapangan.

Baca Juga :  Bela Espargaro, Lorenzo Salahkan Zarco di MotoGP Ceko

“Mau dimotivasi kayak bagaimanapun, kalau anak-anak sudah capek, ya bisa apa. Tapi kalau persiapannya bagus, lalu pemain down, memotivasinya enak. Jadi begitu sepak bola, mental juga berbicara,” tutur pria yang biasa dipanggil Abah Kun ini.

Ditambah pula, tidak ada perubahan yang berarti di dalam skuat Arema FC sejak terakhir ia pimpin di Piala Menpora 2021. Hanya beberapa orang yang pergi. Pemain inti lain tetap berada di tim. Selain itu juga ada tambahan pemain-pemain asing dan Diego Michiels. Ini memudahkan Kuncoro yang terkenal bisa akrab dengan pemain itu untuk bisa memotivasi pemain.

Baca Juga :  Plengsengan Ambrol Dekat Rumah Warga

Persiapan fisik yang baik ini ternyata juga dibarengi dengan mental pemain. Kuncoro senang melihat para pemain Singo Edan tetap bersemangat latihan, meski sebelumnya kelanjutan kompetisi masih tidak jelas. Menurut dia, kegigihan pemain dalam latihan menunjukkan bahwa para penggawa telah siap menjalani pertandingan.

“Kalau di latihan udah kelihatan kok anak-anak kemauannya. Pingennya mereka dan kita semua biar cepat-cepat kompetisi. Ya semoga saja bisa segera jalan,” terang dia. (abr/jon)

Pilihan Pembaca