Beri Kepercayaan Pelatih Timnas

4
LATIHAN TIMNAS: Pemain Timnas Indonesia Kushedya Hari Yudo menjalani latihan pertama di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Sabtu (1/5) malam.

MALANG – Pemanggilan dua pemain Arema FC Kushedya Hari Yudo dan M Rafli ke training centre (TC) atau pemusatan latihan timnas membuat jajaran pelatih Arema FC bangga.

Setidaknya, para pemain Singo Edan kembali punya kesempatan menunjukkan penampilan terbaiknya di level timnas. Harapannya, penampilan baik mereka bisa membayar kepercayaan yang diberikan pelatih timnas Shin Tae-Yong.
“Pesan saya, jaga nama baik Arema FC. Caranya seperti apa, ya perlihatkan dengan prestasi di sana,” kata asisten pelatih Arema FC Kuncoro kepada New Malang Pos.

Tanpa adanya event terdekat, Kuncoro memastikan pemanggilan kedua pemainnya tidak mengganggu latihan rutin yang sedang digelar. “Kalau sekarang tentu tidak ada masalah. Lagian di sana juga pasti dapat fisik, jadi pemain ini bisa tambah apik,” jelas dia.

Sementara itu, seluruh peserta TC Timnas yang berjumlah 34 orang sudah menjalani latihan pertamanya di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Sabtu (1/5) malam lalu. Latihan perdana dipimpin asisten pelatih Nova Arianto karena pelatih Shin Tae-Yong (STY) baru mendarat di Indonesia, Minggu (2/5).

Sesuai dengan instruksi pelatih, Nova fokus memulihkan kondisi para pemain. Maklum saja, para pemain memiliki menit bermain yang berbeda-beda selama gelaran Piala Menpora 2021. Begitu pula dengan tujuh pemain Indonesia yang berkarier di luar negeri. Jadwal liburan klub dan intensitas latihan di setiap klub juga berbeda satu sama lain.
Begitu kondisi pemain pulih, para pemain timnas bakal diberi program taktikal dan strategi. STY dan Nova berharap segera tune-in.

“Kondisi pemain cukup baik dan prima. Mulai besok serta pekan depan kami akan meningkatkan intensitas tempo latihan,” kata dia.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan berharap penggawa Garuda Indonesia menunjukkan performa terbaik jelang tiga laga tersisa kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G di Uni Emirat Arab (UEA). Indonesia akan melakoni tiga laga di awal Juni mendatang, masing-masing berhadapan dengan Thailand (3/6), Vietnam (7/6), dan terakhir UEA (11/6). Sebelum itu, Indonesia akan bersua Afghanistan (25/5) dan Oman (29/5) pada laga uji coba internasional.

“Kami berharap dengan persiapan yang baik, timnas Indonesia dapat meraih hasil maksimal pada tiga laga melawan Thailand, Vietnam, dan UEA. PSSI terus mendukung program pelatih Shin Tae-Yong demi raihan prestasi timnas Indonesia,” paparnya.

Indonesia saat ini terbenam di dasar klasemen Grup G. Dari lima pertandingan, Indonesia jadi satu-satunya tim yang belum mencetak poin. Indonesia juga sudah kebobolan 16 gol. Peluang Indonesia lolos juga menipis lantaran koleksi poin maksimal yang bisa diperoleh hanya sembilan, dengan catatan menyapu bersih tiga laga sisa.

Namun di sisi lain, Malaysia di peringkat dua juga sudah mengoleksi sembilan poin, tertinggal dua angka saja dari Vietnam sebagai pemuncak klasemen. Thailand juga masih menguntit di belakang mereka dengan raihan delapan poin. (abr/jon)