Bantuan Beras Menurun, Angka Kemiskinan Ikut Turun

DPKP Kota Batu salurkan bantuan pangan beras secara simbolis bagi warga pra sejahtera di Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu, Kota Batu Senin (12/7), (NMP/KERISDIANTO)

KOTA BATU, NewMalangPos – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Batu kembali menyalurkan bantuan pangan beras bagi 1.977 KK yang tersebar di 24 desa/ kelurahan Senin (12/7).

Bantuan tersebut merupakan program reguler yang rutin dilakukan setiap bulannya.

“Bantuan pangan berupa beras ini merupakan program reguler yang rutin dilakukan setiap bulannya. Tujuannya untuk meringankan beban masyarakat kurang mampu di Kota Batu,” ujar Kepala Bidang Ketahanan Pangan DPKP Kota Batu, Lestari Aji kepada New Malang Pos.

Baca Juga :  Muncul Dugaan Eksploitasi Anak di SPI

Ia menjelaskan untuk bantuan pangan yang diberikan mengacu pada data Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) milik Dinas Sosial. Dengan setiap penerima menerima bantuan 10 Kg beras setiap bulannya.

Lebih lanjut, ia menerangkan bahwa pemberian bantuan setiap bulannya akan dilakukan monitoring dan evaluasi. Sehingga penerima yang meninggal dunia atau masuk dalam kategori sejahtera maka akan dihilangkan. Namun jika ada ahli waris dengan kondisi pra sejahtera, maka akan tetap diberikan

“Kami bersyukur setiap tahunnya penerima bantuan mengalami penurunan. Artinya banyak warga Kota Batu yang berstatus sejahtera. Kami mencatat tahun lalu bantuan pangan berupa beras kami salurkan kepada 2.665 KK. Saat ini mejadi 1.997 KK,” bebernya.

Baca Juga :  Tak Bawa Surat Sehat Covid, 13 Kendaran Luar Kota Putar Balik

Sementara itu, Sekretaris Desa Pesanggrahan, Budi Cahyono berterima kasih dengan bantuan beras yang disalurkan DPKP bagi warganya. Pihaknya mencatat ada 205 KK menerima bantuan beras.

“Kami mencatat setiap tahunnya terjadi penurunan penerima bantuan. Pada tahun 2018 ada 416 KK. Selanjutnya di tahun 2019 dan 2020 menurun di angka 316 KK,” pungkasnya. (eri)

artikel Pilihan