Bantu Pulihkan Kondisi, Dua Kali Jalani Mandi Es

foto: Stenly/NMP

BOGOR, NewMalangPos – Arema FC memiliki cara tersendiri untuk memulihkan kondisi pemain yang berlatih keras untuk menyambut laga melawan PSS Sleman, Minggu (19/9) lusa. Dedik Setiawan dkk menjalani ice bath di malam hari dalam dua kali latihan terakhir. Bahkan, ketika hujan deras mengguyur, agenda tersebut tetap berjalan.

Kamis (16/9) malam begitu usai latihan, para pemain Arema FC berendam di dalam air es, yang bercampur dengan guyuran hujan. Agenda ini adalah upaya pelatih untuk menjaga kondisi pemain.

Baca Juga :  Shin Tae-yong Ingin Kompetisi Digelar untuk Persiapan Timnas U-20

Pemain pun langsung bergantian memasuki kolam portable yang berada ditepi lapangan. Kolam berukuran 2×4 meter itu bisa diisi antara 6-8 pemain.

“Pelatih memang mengagendakan dua kali ice bath di pekan ini. Satu program pemulihan kondisi setelah bermain, kedua di tengah-tengah latihan yang berat,” ujar Asisten Dokter Arema FC Alfin Abdillah.

Menurut dia, dengan ice bath membantu mempercepat pemulihan kondisi para pemain. Apalagi latihan dalam kondisi hujan lumayan berat.

“Suhu dingin membantu pemain megurangi rasa sakit atau capek setelah berolahraga. Otot yang tegang akan menjadi rileks dalam suhu yang dingin,” terangnya kepada New Malang Pos.

Baca Juga :  KA Jarak Jauh dari Stasiun Malang Setop Operasi Mulai 6 Mei

Menurut dia, dua kali menjalani ice bath juga bagus. Yang pertama sudah jelas sebagai sarana menghilangkan rasa lelah atau capek setelah pertandingan.

“Ada juga ice bath yang berfungsi untuk prematch di tengah jadwal latihan,” tambahnya.

Arema FC sendiri sampai berburu kolam portable di Bogor demi agenda ice bath. Biasanya, tim membawa kolam portable, namun untuk seri pertama di Bogor, official team tidak memboyong kolam portable dari Malang. (ley)

artikel Pilihan