Banjir Rob Kembali Terjadi di Jalan Kalimas Surabaya

Banjir rob di Kalimas (Foto: Hilda Meilisa Rinanda/detikcom)

Surabaya, NEW MALANG POS – Fenomena bulan purnama atau full moon Kamis (24/6/2021) malam, mengakibatkan banjir rob kembali terjadi di Jalan Kalimas Surabaya. Ketinggian banjir dilaporkan hingga mencapai 40 cm.

“Pagi ini tepatnya di Jalan Kalimas baru terjadi banjir rob yang diakibatkan kenaikan muka air laut yang menggenangi daratan,” kata Kordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Maritim Tanjung Perak Surabaya, Sutarno, seperti dikutip dari Detik News, Kamis (24/6).

Sutarno menambahkan banjir rob ini mengganggu sejumlah aktivitas nelayan hingga bongkar muat di pelabuhan. Namun, peristiwa ini tidak bisa dihindari.

Baca Juga :  Pria Pencari Ikan Ditemukan Tewas Di Sungai

“Biasa terjadi di daerah pesisir dan pelabuhan yang bisa mengganggu aktivitas bongkar muat di pelabuhan, mengganggu transportasi, petani garam dan nelayan. Pasang air laut adalah peristiwa akibat pengaruh gravitasi bulan. Kondisi ini terjadi saat bulan purnama dan bukan baru. Faktor air laut pasang sulit dihindari karena di luar kuasa manusia. hal ini menjadikan air rob menjadi banjir langganan daerah pesisir,” jelas Sutarno.

Sementara data yang dihimpun detikcom, fenomena pasang maksimum air laut yang berpotensi banjir rob ini terjadi pada 22 hingga 27 Juni 2021. Ketinggiannya dapat mencapai 130 sampai 150 cm dari permukaan laut di wilayah pesisir mulai pukul 09.00 hingga 12.00 WIB.

Baca Juga :  Khofifah Dorong Terwujudnya Pamong Praja Kerja Cepat & Cerdas

Pasang maksimum diprakirakan terjadi di daerah Pelabuhan Surabaya, Pesisir Surabaya Timur, Pesisir Surabaya Barat, Pesisir Kalianget dan Pamekasan hingga Pesisir Sidoarjo dan Pasuruan. Untuk itu, masyarakat diimbau selalu waspada dan siaga.

(fat/dtk/mg1/ley/nmp)