Gaya Hidup Awas Terjebak Friend Zone, Begini Solusinya

Awas Terjebak Friend Zone, Begini Solusinya

Sebenarnya Anda ingin jadi lebih dari sekadar teman, tapi kenyataannya Anda malah terjebak dalam situasi 'friend zone'. (kevinschmitz/Pixabay/CNN Indonesia)

Jakarta, NewMalangPos – Sebenarnya Anda ingin jadi lebih dari sekadar teman, tapi kenyataannya Anda malah terjebak dalam situasi ‘friend zone’. Bagaimana agar tidak lagi terjebak di situasi seperti ini?

Sebelum mencari solusi, terlebih dahulu Anda perlu memahami ‘friend zone’. Jeremy Nicholson, doktor psikologi kepribadian dan sosial, menjelaskan ‘friend zone’ merupakan situasi di mana tidak ada perasaan romantis antara dua orang. Secara gamblang, salah satu pihak tertarik menjalin hubungan secara romantis, sedangkan pihak lain hanya ingin berteman.

“Secara keseluruhan, zona pertemanan terjadi dalam hubungan di mana kebutuhan emosional kedua individu tidak terpenuhi. Seseorang tidak mendapatkan apa yang mereka inginkan dan butuhkan. Karena semua hubungan baik dibangun dari pertukaran sosial yang saling memuaskan, situasi friend zone pada akhirnya tidak terasa sangat baik,” jelas Nicholson mengutip dari Psychology Today, seperti dilansir dari CNN Indonesia, Sabtu (21/8).

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan agar tak lagi terjebak dalam zona pertemanan.

  1. Jadi atraktif

Salah satu alasan Anda diletakkan di zona pertemanan adalah dia tidak tertarik pada Anda. Anda hanya menciptakan perasaan nyaman tanpa rasa tertarik, nafsu atau godaan. Artinya, tidak ada chemistry yang membuat dia menginginkan Anda.

Oleh karena itu, Anda perlu belajar untuk jadi lebih menarik secara fisik maupun psikis. Mulai dengan merawat diri, busana lebih baik dan sesuai, belajar bahasa tubuh juga olahraga jika perlu untuk mendapatkan tubuh lebih baik.

“Anda bisa juga belajar mengembangkan ketrampilan sosial seperti mendekati orang lain dengan percaya diri, menciptakan percakapan yang merangsang secara seksual, dan jadi sedikit pemalu, tidak ‘needy’ dan sedikit misterius. Dengan menggarap ‘daya tarik secara seksual’, individu dapat lebih cenderung dimasukkan ke dalam kategori kekasih daripada teman,” ujar Nicholson.

  1. Berani katakan

Alasan lain orang berakhir di friend zone adalah mereka terlalu takut, pasif dan merasa ragu. Melansir dari Elite Daily, Anda tentu tidak ingin terjebak dalam obrolan di aplikasi kencan terlalu lama. Sebaiknya coba kenali dia dengan lebih baik, katakan dengan terus terang dan ajak dia berkencan.

Akan tetapi mungkin saat ini kencan tatap muka cukup sulit dilakukan. Anda sudah selangkah lebih maju dengan melakukan percakapan di WhatsApp atau Line. Namun untuk menunjukkan kesungguhan dan menjadikan momen ini lebih personal, sebaiknya lakukan panggilan telepon

  1. Sedikit menggoda
    Bedakan obrolan dengan teman dengan obrolan dengan orang yang Anda inginkan jadi kekasih. Tak sekadar jadi pendengar, coba berikan pujian dan perhatikan cara dia merespons. Dengan cara ini pula Anda menciptakan suasana kencan dan mencoba mengkomunikasikan apa yang Anda inginkan.

Lewat media sosial, goda dia dengan memberikan emoticon atau komentar pada unggahannya. Berikan komentar spesifik yang menandakan bahwa Anda memperhatikan dia.

  1. Jangan jadi ‘Mr. Nice Guy’

Ditolak dengan alasan ‘Kamu terlalu baik’, mungkin sering Anda dengar. Namun situasi ini juga bisa membuat Anda terus terjebak dalam situasi friend zone. Dalam proses pedekate, Anda berisiko dimanfaatkan dan dilupakan.

Nicholson menyarankan agar usaha dan investasi dalam relasi harus seimbang dan datang dari kedua belah pihak. Anda sudah mengorbankan jam tidur demi mendengarkan celotehnya, menelepon untuk membangunkannya karena tahu dia susah bangun pagi untuk olahraga. Jika dia tidak menawarkan apapun, coba minta dengan baik.

  1. Tak semua harus diumbar
    Berikan bumbu-bumbu ketegangan dalam membangun relasi. Ketegangan di sini dalam arti bukan sesuatu yang buruk tetapi memberikan sensasi berdebar yang menyenangkan. Ini bisa dengan memberikan kejutan, diam-diam memesan makanan kesukaannya, atau mengirimkan daftar putar lagu khusus buatnya.

Kemudian yang paling penting, simpan beberapa hal sebagai misteri atau rahasia. Tak perlu mengumbar semua hal agar dia lebih mengenal Anda. Justru trik ini yang membuat dia tetap ‘menempel’ pada Anda. (els/chs/mg7/cnni/ley/nmp)

Exit mobile version