Awas, Awal Tahun Kasus DB Capai 11 Kasus

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu, Drg. Kartika Trisulandari.

NEW MALANG POS, KOTA BATU – Dinas Kesehatan Kota Batu sudah mendapatkan laporan adanya 11 kasus DBD (Demam Berdarah Dengue) di awal tahun 2022 ini. Padahal sebelum-sebelumnya kasus itu tak pernah muncul di awal tahun seperti ini. Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu, Drg. Kartika Trisulandari.

“Tahun lalu itu rendah. Kalau dibandingkan waktu 2020 malah 2 kali lipatnya. Jadi Dinkes benar-benar kelimpungan. Antara menangani Covid-19 dengan DBD ini,” kata Kartika. Terlebih pada tahun 2020 merupakan awal-awal masuknya Covid-19 ke Indonesia.

Baca Juga :  DPUPR Targetkan 50 Persen Trotoar Ramah Disabilitas

Menurutnya, penyebab besar DBD berasal dari gaya hidup individu sendiri. “Justru seharusnya di Kota Batu ini tidak ada kasus DBD. Karena suhu yang dingin ini bukan habitat yang disukai oleh nyamuk. Mereka lebih suka di suhu yang panas,” jelas Kartika.

Sehingga ia menghimbau pada seluruh masyarakat untuk menerapkan hidup bersih sejak dini. “Itu kan dari gaya hidup kita sendiri. Padahal untuk menghindari itu sangat-sangat mudah,” papar dia.

Menurutnya masyarakat harus paham jika DBD itu disebabkan oleh gigitan nyamuk aedes aegypti. Nyamuk tersebut bersarang di bak air yang tak terkuras.

Baca Juga :  Tenang! Gubernur Khofifah Jamin Harga dan Stok Minyak Goreng Aman 6 Bulan ke Depan

“Jadi yang harus kita lakukan untuk menghindarinya dengan menguras bak air itu seminggu sekali. Disamping itu menutup bak airnya agar tak menjadi sarang nyamuk untuk bertelur,” himbau Kartika.

Ia juga menganalogikan penanganan itu seperti upaya menghindari Covid-19 saat ini. “Intinya semua penyakit itu kita harus tau akar permasalahannya dimana. Kalau Covid yang perlu kita lakukan menerapkan prokes 5M. Kalau DBD ya dicari juga, ketemunya kita harus melakukan gerakan 3M (menguras, mengubur, menutup)” pungkas Kartika.

Per tgl 30 Januari 2022 kemarin kasus DBD dalam sebulan ada 11 kasus. Dengan distribusi terbanyak dari Bumiaji 6, Batu 3 dan Junrejo 2. Dibandingkan dari tahun 2021 selama satu tahun kasus DBD di Kota Batu hanya 19 kasus. (ran/eri)

artikel Pilihan