Awal Bulan Puasa, Buka Bersama Keluarga

4
Wakil Wali Kota Batu, H. Ir. Punjul Santoso M.M tengah berbuka bersama keluarga besar dengan hidangan ala rumahan.(NMP/MUHAMMAD FIRMAN)

BATU – Menjalani ibadah puasa di bulan suci Ramadan 1442 H dirasakan sangat berbeda oleh Wakil Wali Kota Batu, H. Ir. Punjul Santoso M.M. Jika pada Ramadan sebelumnya hampir seluruh waktunya lebih banyak dengan keluarga akibat Pandemi Covid-19.

Kali ini lebih banyak waktunya berbuka dengan warga Kota Batu melalui giat Safari Ramadan.
“Ramadan kali ini aktifitas akan kembali seperti tahun-tahun sebelum pandemi. Jika tahun lalu akibat Pandemi Covid-19 membuat gerak langkah semakin terbatas. Tahun ini Pemkot Batu kembali akan mengagendakan Safari Ramadan,” ujar Punjul kepada New Malang Pos.

Karena itu pada awal bulan puasa dimanfaatkan orang nomor dua di Kota Batu ini dengan berbuka puasa bersama keluarga. Berbuka bersama keluarga dimanfaatkan untuk bisa menikmati menu buka puasa yang dimasak oleh istrinya Wibi Punjul Santoso.
“Buka bersama dengan keluarga di rumah kali ini jadi momen yang spesial. Karena makanan berbuka yang dimasak adalah makanan rumahan,” beber Ketua DPC PDIP Kota Batu ini.

Waktu bersama keluarga itulah bakal ia manfaatkan dengan baik. Pasalnya ketika Safari Ramadan digelar mulai pekan ini, kegiatan yang akan dilakukan lebih banyak bersama warga. Karena hampir tiap hari, ia bakal berkeliling ke desa/kelurahan dan bertemu dengan masyarakat untuk menyalurkan santunan pada acara Safari Ramadan.

Dengan kembalinya rutinitas tahunan itu, Punjul akan memanfaatkan awal bulan puasa ini dengan anak-anak dan keluarga. Bahkan banyak kegiatan seperti memasak, menyiapkan buka dan sahur dilakukan bersama-sama anak dan istrinya. “Awal bulan suci ini akan lebih banyak sama keluarga. Bisa dampingi anak-anak masak sama ibu. Tak hanya berbuka, tapi di awal ini bisa lebih banyak menemani dan mengajari anak-anak saya salat dan ngaji bersama,” terangnya.

Sementara untuk hari kemenangan atau Hari Raya Idul Fitri, saat ditanya, apakah laki-laki asal Kota Batu ini bakal mudik. Diungkapnya bahwa ia tak akan mudik selama Pandemi Covid-19 belum berakhir. Apalagi aturan pemerintah adanya larangan mudik.
“Untuk mudik tidak akan dilakukan. Apalagi banyak keluarga besar di Kota Batu. Jadi hanya silahturahmi untuk keluarga yang ada di Kota Batu saja. Begitu juga dengan open house,” terangnya.

Sebelumnya, ia mengungkapkan setiap hari kemenangan ia selalu melakukan silaturahmi. Pertama ke Bu Wali, keluarga, dan selanjutnya ke kampungnya yang ada di Jalan Diran, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu. (eri/udi)