Askot PSSI Kota Batu, September Gelar Kompetisi Internal

Kompetisi internal oleh Askot PSSI Kota Batu bagi usia muda menjadi salah satu cara mencari bibit pemain terbaik. (NMP/KERISDIANTO)

KOTA BATU, New Malang Pos – Askot PSSI Kota Batu bakal menggelar kompetisi internal. Rencananya kompetisi internal tersebut akan dihelat pada bulan September hingga November 2021.

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Askot PSSI Kota Batu, Riyanto.
“Pada bulan September hingga November jika tidak ada kendala Askot PSSI Kota Batu akan menggelar kompetisi internal bagi anggota. Kompetisi tersebut terdiri dari item,” ujar Riyanto kepada New Malang Pos, Selasa (20/7/2021).

Ia menerangkan, untuk kompetisi pertama akan diikuti oleh sekitar 30 tim yang terbagi di Divisi Utama, Divisi Satu dan Divisi Dua. Dengan goal atau tujuan untuk memantau bakat pemain lokal dalam mengisi tim Persikoba tahun 2022.

Baca Juga :  Negatif Covid-19, Tim Badminton Indonesia Pergi ke Thailand

“Kedua adalah kompetisi kelompok U-13 dan U-15. Peserta adalah SSB yang telah terafiliasi di PSSI Jatim. Ada 6 tim atau SSB dan sudah disahkan diantaranya Angsa Putih Sumberejo, Persidapim Dadaprejo, IKC dari Sidomulyo. Bineka Indonesia Pendem, dan Elang putih Kota Batu,” bebernya.

Kemudian dari pemenang kompetisi ini akan dijadikan wakil Piala Soeratin di tingkat provinsi U-13 dan U-15. Tahun 2019 lalu Kota Batu diwakili tim Elang Putih, baik U-13 dan U-15 dan mampu masuk fase tiga atau enam besar. Sedangkan tahun 2020 off karena pandemi.

Baca Juga :  Koeman Nilai Debut Depay di Barcelona Hebat dan Spesial

“Terakhir ada kompetisi internal kelompok U-16 dari tingkat desa/kelurahan. Tujuannya untuk peningkatan kualitas pemain kelompok umur dan persiapan kerangka pemain Persikoba U-17. Untuk anggaran pembinaan tim desa/kelurahan adalah Pemerintah Desa/Kelurahan,” paparnya.

Riyanto menambahkan bahwa kompetisi internal tersebut bisa berjalan sejak September dengan catatan anggran dari Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) 2021. Karena saat ini Askot PSSI Kota Batu sudah anggaran sangat terbatas.

“Perlu diketahui, untuk anggaran tahun ini Askot PSSI Kota Batu diberi Rp 500 juta. Kami sangat berhemat dengan program yang ada dan anggaran itu jauh dibawah dari dua tahun lalu,” pungkasnya. (eri)