Asiiik, Mall Ramai Lagi

7
Berbagai tenant di Matos mulai ramai pembeli dari berbagai latar belakang jelang Lebaran.

NewMalangPos – Mall bergairah lagi. Warga mulai membanjiri sejumlah mall di kota pendidikan ini menjelang Lebaran. Jumlah pengunjung meningkat hingga 60 persen. Mereka umumnya belanja berbagai kebutuhan jelang Idul Fitri.

Di Matos contohnya pengunjung hampir merata di semua tenant terutama stand makanan dan pakaian. Misalnya saja Matahari Department Store terlihat banyak dikunjungi pembeli yang berbelanja kebutuhan Lebaran. Terlebih gerai fashion menawarkan banyak diskon yang menggiurkan seperti potongan harga hingga 50 persen.

Mall Director Matos Fifi Trisjanti mengungkapkan menjelang Lebaran kunjungan pembeli mengalami peningkatan namun okupansi masih berada di angka 80 persen saat pandemi Covid-19 ini.

“Tingkat kunjungan naik 56 persen dan 60 persen saat weekend, tapi kami tetap batasi apabila kunjungan meningkat karena kalau membeludak bahaya,” ungkap Fifi.

Pembatasan yang dilakukan oleh Matos yakni berupa tidak memberikan banyak diskon dan mengurangi tempat duduk agar jaga jarak tetap dapat dilakukan. Apalagi saat Ramadan lonjakan pengunjung lebih banyak berada di tenant makanan. Dengan adanya pembatasan kursi diharapkan tidak terjadi kerumunan guna mencegah penularan Covid-19.

Menurutnya, hingga sekarang ini masih banyak orang yang takut ke mall dilihat dari tingkat kunjungan yang masih jauh dari angka normal. Namun Matos juga memberikan solusi agar masyarakat tetap bisa berbelanja di mall dengan adanya platform online di sembilan mall.

“Tapi platform online ini juga tidak begitu banyak karena orang saat belanja masih suka pegang barangnya langsung, tapi meskipun nanti ada lonjakan pengunjung kami juga sudah siapkan protokol kesehatan lebih ketat,” terangnya.

Matos juga tidak segan menolak pengunjung yang suhu tubuhnya di atas 37 derajat. Ini dilakukan agar semua tetap aman berbelanja di pusat perbelanjaan.

Sementara itu, Tenancy MOG Peptina Magdalena kepada New Malang Pos mengatakan, jumlah pengunjung di MOG menjelang Lebaran juga mengalami peningkatan. “Jumlah pengunjung kami kurang lebih 14 ribu sampai 15 ribu saat weekday dan di angka 22 ribu sampai 24 ribu saat weekend,” ujar Peptina.

Ia menegaskan selama pandemi Covid-19 semua tenant termasuk restoran selalu menerapkan pembatasan jumlah pengunjung. Sehingga dalam satu ruangan pengunjung tidak sampai berkerumun.

“Semua tenant ramainya sama, untuk jumlah pengunjung setiap harinya tidak bisa kami prediksikan total harian jumlah pengunjung, tetapi menjelang lebaran ini pastinya ada kenaikan,” pungkasnya. (lin/van)