Arema FC Tanding Laga Pembuka

108
new malang pos
Brahmntio Ramadhan dijegal Ikhfanul Alam saat tengah menggiring bola dalam internal game latihan rutin Arema FC.

Piala Menpora 2012

NewMalangPos – PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengumumkan Arema FC vs PSIS Semarang menjadi laga pembuka Piala Menpora 2021, Minggu (21/3) pekan depan. Menghadapi laga pembuka, Tim Singo Edan lebih siap dibanding calon lawannya itu.

Potensi Arema FC menjalani laga pembuka memang besar. Sejak seminggu lalu, Stadion Manahan Solo diumumkan sebagai tempat penyelenggaraan laga pembuka dan laga final. Arema FC bermain di Grup A yang bermarkas di stadion yang sama.

Lawannya PSIS Semarang juga penghuni Grup A. Selain itu, ada pula Barito Putera dan PS Tira-Persikabo, serta Persipura Jayapura yang kemudian memilih tidak berpartisipasi dalam Piala Menpora 2021.

Besar kemungkinan Arema FC dan PSIS Semarang dipilih sebagai laga pembuka karena kode grup. Saat pembagian grup, Arema FC disebut A1 karena sudah mendapat satu jatah tempat di Grup A. Lalu saat mengundi A2, nama PSIS Semarang yang keluar.

Alasan ini semakin kuat lantaran PT LIB menyebutkan bahwa penentuan laga pembuka tidak ada faktor spesial. Maka pertemuan kedua tim tentu sangat mungkin terjadi.

Meskipun demikian, General Manager Arema FC Ruddy Widodo dan Media Officer Arema FC Sudarmaji belum mendapat informasi resminya. “Belum terkonfirmasi,” ujar Sudarmaji. Mereka kompak pastikan siap bila Arema FC ditunjuk bermain di laga pembuka. “Tidak masalah, ya monggo,” kata Ruddy.

Untuk persiapan, Arema FC tentu bisa dikatakan siap. Latihan perdana Arema FC sudah dimulai sejak 22 Februari 2021, sedangkan PSIS Semarang baru berlatih Selasa (9/3).

Program fisik selama dua minggu juga telah rampung. Kini tim pelatih tengah memberikan porsi latihan yang mengarah pada pemahaman taktikal.

Selain itu dari segi materi pemain, Arema FC juga sudah lebih awal menambal sulam skuatnya di sejumlah posisi. Lima pemain baru datang, Ikhfanul Alam dan Muhammad Roby di posisi bek tengah, Mochamad Sandy Ferizal di bek kanan, Didik Ariyanto di bek kiri, dan Wiga Brillian di posisi sayap.

Di sisi lain PSIS Semarang baru saja mulai mengumpulkan pemain dan belum menentukan komposisi pemain asingnya. Soal pemain yang bertahan dan masuk juga belum jelas.

Lebih lanjut Ruddy menegaskan tujuan sejak awal yakni ikut menyukseskan Piala Menpora 2021. Supaya sepak bola bisa belajar dan terbiasa di New Normal.

Kesuksesan penyelenggaraan Piala Menpora 2021 dengan protokol kesehatan bakal berimbas pada pertimbangan kepolisian untuk mengeluarkan izin Liga 1. Sejatinya, kompetisi itu tentu jauh lebih penting dari turnamen pramusim.

Sementara itu ia belum membeberkan siapa saja pemain yang akan didaftarkan maupun yang pasti diberangkatkan. Dia menjelaskan, urusan pemilihan pemain yang diberangkatkan ranah teknis pelatih.

Manajemen hanya menyiapkan kontrak para pemain. “Pendaftaran itu bisa dimaksimalkan jumlahnya. Cuman tidak semuanya bakal diberangkatkan. Itu nanti jadi keputusan pelatih,” ujar dia.

Dalam regulasi Piala Menpora 2021, tim boleh mendaftarkan maksimal 30 pemain. Rinciannya, minimal tiga kiper didaftarkan, maksimal empat pemain asing, dan tidak membatas minimal berapa pemain muda atau binaan akademi yang didaftarkan.

Rencananya Arema FC ke Solo sesuai regulasi Piala Menpora 2021. Yakni dua hari sebelum pertandingan babak penyisihan grup dimulai.  “Biasanya kami memang dua hari sebelumnya sudah tiba (di tempat bertanding). Jadi sampai H-2, pemusatan latihannya masih akan tetap di Malang,” kata asisten pelatih Arema FC, Kuncoro. (dj8/van)