Arema FC Kantongi 29 Pemain

NewMalangPos– Waktu yang dimiliki Arema FC untuk menyetorkan 30 nama pemain dalam Daftar Pemilihan Pemain (DPP) Piala Menpora 2021 tersisa hingga Sabtu (20/3) mendatang. Manajemen Arema FC sudah kantongi 29 pemain yang akan didaftarkan. Namun manajemen Tim Singo Edan tetap pada rencana awal memaksimalkan kuota 30 pemain.

“Kalau soal didaftarkan belum ya. Tapi sekarang kami sudah punya 29 pemain. Itu semuanya, kecuali pemain akademi,” terang Sekretaris Arema FC Rahmat Taufiq Hentihu.

Dari 29 pemain yang sudah dipegang, terdapat satu nama yang masih menunggu konfirmasi pelatih. Jika direstui didaftarkan, maka Arema FC hanya perlu menambahkan seorang pemain lagi.

Untuk mengisi kuota pemain, Arema FC sudah punya skemanya. Keputusan terakhir nanti akan jadi ranah tim pelatih. Belum pasti kapan Arema FC menyerahkan 30 nama pemain yang didaftarkan, tapi akan penuhi ketenentuan itu hingga batas waktu yang ditentukan. 

Satu nama yang sedang dalam rundingan pelatih yakni  Kurniawan Kartika Ajie. Kiper Arema FC itu kini sedang dalam kondisi cedera dan belum bisa dimainkan. Namun dia sudah bisa kembali ke lapangan menjalani sesi latihan kecil.

Baca Juga :  Gubernur Jatim Izinkan Salat Id, Terapkan Persyaratan Ketat

“Sementara ini Ajie tetap didaftarkan. Makanya ini nanti tergantung pelatih. Dia kan memang belum bisa main sekarang, jadi bisa saja  digantikan pemain lain,” kata pria yang akrab disapa Oyek tersebut.

Menurut  Oyek, posisi Ajie bisa saja digantikan pemain akademi Arema FC yang sudah lama berlatih bersama skuad. Jika melongok ke dalam komposisi tim terdapat Aji Triwahyudi dan Bramntio Ramadhan. Sementara jika Ajie tetap didaftarkan, maka hanya ada satu pemain akademi saja yang mengisi slot kosong itu.

“Bisa saja kami bawa dua pemain akademi kalau Ajie tidak didaftarkan. Pokoknya Ajie masih masuk dalam pemain yang akan didaftarkan, antara nanti dia berangkat atau didaftarkan, itu nanti menunggu rekomendasi pelatih,” katanya.

Skuad Arema FC untuk Piala Menpora 2021 nanti bakal penuh wajah lokal karena hanya ada dua pemain asing saja. Bruno Smith dan Caio Ruan. keduanya berkebangsaan Brasil. Bahkan mungkin saja di sebelas pertama Singo Edan nanti, tidak ada pemain asing yang turun. Sebab, Bruno Smith yang paling mungkin bisa tampil masih harus memulihkan kondisinya.

Baca Juga :  Tetap Usul UMK Naik

Dari pantauan New Malang Pos, 29 pemain yang siap didaftarkan termasuk pemain yang sudah teken kontrak, pemain asing, pemain yang sedang menjalani trial. Termasuk pemain yang sedang mengalami cedera.

Di posisi kiper ada Teguh Amiruddin, Andriyas Fransisco, Utam Rusdiana, dan Kurniawan Kartika Ajie (cedera). Di sektor belakang lumayan banyak, ada sebelas pemain. Rizky Dwi Febrianto dan Mochamad Sandy Ferizal di bek kanan. Johan Alfarizi serta Didik Ariyanto di bek kiri. Di posisi bek tengah, terdapat Bagas Adi Nugroho, Caio Ruan (cedera), Muhammad Roby, Aji Saka, Ikhwan Ciptady, dan Ikhsan Hidayah Marzuki (trial) serta  Ikhfanul Alam.

Di sektor tengah ada tujuh pemain. Yakni Jayus Hariono, Hanif Sjahbandi, Vikrian Akbar, dan Seiya Da Costa sebagai tipe yang lebih bertahan. Sedangkan tiga lainnya cenderung menyerang, ada Bruno Smith,  Dave Mustaine, dan Mochammad Ricga Tri Febiyan.

Baca Juga :  Sabet Kemenangan Ketiga, Arema FC Women Sempurna!

Di posisi depan terdapat tujuh pemain. Di antaranya Dedik Setiawan, Dendi Santoso, Kushedya Hari Yudo, Muhammad Rafli (cedera), Feby Eka Putra, Ridwan Tawainella, dan Wiga Brillian.

General Manager Arema FC Ruddy Widodo menyebutkan bahwa pemain-pemain yang cedera ini tetap akan didaftarkan, sekalipun belum bisa bermain. “Rafli dan Caio tetap didaftarkan. Pemain akademi juga nanti bisa saja didaftarkan,” katanya.

Dengan komposisi seperti ini, asisten pelatih Arema FC Kuncoro punya keleluasaan dalam mengotak-atik tim. Dia hanya bisa memberangkatkan 20 pemain saja ke Solo selama babak penyisihan. Namun, para pemain yang sudah berangkat ini bisa ditukar sewaktu-waktu dengan pemain di dalam DPP.

“Jadi misal dari 20 pemain ada yang cedera, dia bisa ditukar sama pemain yang sudah didaftarkan. Jadi pemain pengganti ini bisa saja nyusul kalau dibutuhkan,” ungkapnya. (abr/van)