Angin Segar, Bioskop di Kota Malang segera Kembali Buka

Persiapan Bioskop Buka pasca PPKM

NEW MALANG POS- Angin segar bagi pelaku usaha bioskop dan penikmat cinema di Kota Malang. Bioskop boleh beroperasi kembali setalah dua bulan lebih tutup sementara terhitung sejak 3 Juli 2021 lalu. Movimax pastikan mulai beroperasi lagi Kamis (16/9) besok. (baca grafis)

Diawal pembukaan kembali Movimax akan memanjakan penonton dengan tiga film. Yakni The Suicide Squad, Fast & Furious 9 dan Black Widow.

Untuk menayangkan tiga film tersebut Movimax akan membuka empat studionya sekaligus. Pihaknya merencanakan bioskop akan buka sesuai jam operasional mall, dengan ketentuan pukul 21.00 sudah tidak ada aktivitas umum.
Pengelola Movimax Mall Dinoyo City Rulya Febrina mengatakan pihaknya telah melakukan berbagai persiapan termasuk general cleaning secar maksimal dan menyeluruh.

“Kalau maintenance alat-alat selama tutup dua bulan itu tetap kami lakukan paling tidak dua sampai tiga kali dalam satu minggu. Maintenance kami dibantu empat staf, sisanya dirumahkan. Ketika sudah boleh buka kami panggil kembali, dari total 29 karyawan di Movimax Dinoyo yang masih mau bekerja dengan kami ada 14 orang,” ungkap Ruly.

Baca Juga :  Kapolresta Matangkan Penerapan Ganjil Genap

General cleaning secara menyeluruh telah dilakukan sejak Senin (13/9) lalu, kemudian pada Selasa (14/9) kemarin dilanjutkan persiapan titik lokasi yang disesuaikan aturan PPKM Level 3 seperti ketersediaan barcode untuk aplikasi PeduliLindungi dan penentuan alur masuk pengunjung.

Sementara protokol kesehatan yang diterapkan tidak jauh berbeda dari sebelumnya. Pengunjung wajib cuci tangan, menggunakan masker dan cek suhu tubuh. Kemudian akan disemprot seluruh badan menggunakan nano spray disinfektan.

“Duduk di dalam area bioskop tetap berjarak, kapasitasnya mengikuti peraturan pemerintah yakni 50 persen,” tegasnya.

Baca Juga :  Jadi Koleksi, Warga Antusias Berburu Uang Rp 75 Ribu

Pemkot Malang menerapkan aturan ketat untuk pengunjung bioskop seperti pengunjung wajib sudah vaksinasi. Itu dibuktikan melalui aplikasi PeduliLindungi dengan kategori hijau. Kapasitas hanya diperbolehkan 50 persen, pengunjung usia di bawah 12 tahun dilarang masuk serta tidak boleh makan maupun minum di dalam area bioskop.

Meskipun harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan wajib vaksinasi, keputusan boleh buka kembali disambut bahagia oleh pelaku usaha bioskop. Karena dengan buka kembali merupakan peluang mendapatkan pemasukan.

“Kami berharap tidak tutup-tutup lagi. Paling tidak bagi kami ada pemasukan untuk pengelola seperti kami, karena ini usaha independen dan usaha utama, meskipun ada usaha lainnya tetapi tidak setel seperti bioskop,” paparnya.

Ia melanjutkan meskipun sudah boleh buka perasaan yang dirasakan campur aduk dengan semangat naik turun. Itu akibat perubahan kebijakan pemerintah yang bisa berubah sewaktu-waktu. Tak jarang semangat kerap datang dan pergi, namun pihaknya harus tetap berjuang untuk bertahan.

Baca Juga :  Angin Kencang, Waspadai Pohon Tumbang

“Kami harus memperjuangkan, yang namanya usaha keluarga keadaan ini sangat susah bagi pengusaha kecil seperti kami jika dibandingkan bioskop yang sudah besar-besar lainnya. Kami juga harus mempertahankan kualitas dan pelayanan agar tetap bertahan di situasi sulit pandemi Covid-19,” tutup Ruly.

Ia berharap selama operasional diberikan kelancaran. Begitu juga percepatan vaksinasi berjalan lancar sehingga kegiatan pariwisata di seluruh Indonesia kembali normal. Selain itu ketika bioskop beroperasi, ia meminta penonton bekerja sama menerapkan ketentuan yang berlaku agar tercipta kenyamanan bersama. (lin/van)

Pilihan Pembaca