Alumni SMAK St Albertus Berbagi Pengalaman

Wakapolres Metro Jakarta Selatan AKBP Antonius Agus R, SIK, M.Si sebagai alumni SMAK St Albertus membagikan pengalamannya dalam berkarir dan menjelaskan prospek kerja bagi lulusan jurusan hukum.

NEW MALANG POS, MALANG – Alumni SMAK St Albertus angkatan 96 dan 97 berkolaborasi menggelar acara Alumni Berbagi. Tujuannya untuk memberi semangat siswa kelas XII melalui virtual zoom, Selasa (14/9).

Kegitan tersebut digelar dalam rangka memperingati kelulusan mereka yang telah mencapai 25 tahun.
Selain menjadi ajang silaturahmi, dalam acara ini alumni membagikan wawasan karir mereka. Yaitu kisah inpiratif dan tips mengenai pengalaman meniti karir setiap profesi. Pertemuan tersebut diharapkan memberi gambaran kepada siswa setelah mereka lulus.

Waka Humas SMAK St Albertus, Fransisca Ajeng Handayani, S.Pd mengatakan sebanyak 318 siswa kelas XII dibebaskan memilih bidang yang mereka minati melalui link zoom yang berbeda.

Baca Juga :  Politeknik Negeri Malang, Gelar ATASEC, Pacu Publikasi Ilmiah

Mereka dibagi menjadi 10 kelas sesuai dengan bidang minatnya. Mulai dari Bidang Design Interior dan Desain komunikasi Visual, Psikologi, Kedokteran, Teknik Sipil Arsitektur, Food Technology, Ilmu Hukum, Akuntansi Aktuaria, Internasional Bisnis Manajemen, Ilmu Komunikasi, Hubungan Internasional, dan Teknik Informatika. Setiap kelas didampingi oleh guru kelas sebagai moderator acara.

“Kami berharap adanya kegiatan Alumni Berbagi dapat memberikan masukan dan saran terkait pengembangan karir kepada siswa kelas akhir,” ucapnya.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Dempo dan doa pembuka. Dilanjutkan dengan perkenalan para alumni yang sekaligus menjadi narasumber. Saat presentasi masing-masing alumni menjabarkan profinya. Kemudian ada sesi tanya jawab. Di sesi ini siswa sangat interaktif. Mereka mengajukan beberapa pertanyaan kepada narasumber.

Baca Juga :  Universitas Islam Malang (Unisma), Kembali Dipercaya Sebagai Tempat UTBK

Angelina Octavia, salah satu siswa, menyampaikan terimakasih kepada alumni. Berkat adanya kegiatan Alumni Berbagi bisa membuka wawasannya, terutama tentang ilmu hukum. Ia juga merasa semakin yakin menentukan jurusan yang akan dipilih nantinya saat kuliah.

“Jawaban dari para alumni cukup memberikan penecarahan. Sehingga keraguan saya sudah hilang. Kisah sukses dari para alumni memacu saya lebih semangat meraih cita-cita,” tutur siswi yang bercita-cita menjadi hakim ini.

Sebelumnya, Angelina menyampaikan pertanyaan tentang prospek kerja lulusan hukum. Karena informasi yang ia dapat banyak lulusan hukum sulit mendapatkan pekerjaan. Merespon pertanyaan tersebut, AKBP Antonius Agus R, SIK, M.Si selaku narasumber menerangkan bahwa peluang kerja tergantung usaha setiap orang. Karena itu, lulusan SMAK St Albertus harus menjadi individu yang pantang menyerah.

Baca Juga :  Edukasi Kesiapan Belajar Luring ke Orang Tua

“Memang ada lulusan hukum yang tidak memperoleh pekerjaan. Namun, jika kita berusaha prospek kerja itu sangat luas,” terangnya.

Wakapolres Metro Jakarta Selatan ini menjelaskan, bahwa Indonesia negara hukum. Setiap aspek kehidupan tidak bisa dipisahkan dari hukum. Maka dari itu prospek kerja lulusan hukum sangat banyak. “Jika setiap orang serius dan mau berusaha pasti dapat,” jelasnya. (imm/udi)

artikel Pilihan