Almeida Minim Data Pemain

DI INDONESIA: Pelatih Eduardo Almeida masih buka kekuatan tim Arema FC yang akan ditanganinya musim ini.

MALANG, NewMalangPos – Pekerjaan besar tengah menanti pelatih anyar Arema FC Eduardo Almeida. Pasalnya, pelatih asal Portugal ini memiliki data yang minim terhadap skuat Singo Edan saat ini. Sembari menunggu visa dan tiba di Indonesia, dia sedang menganalisis kedalaman skuat tim.

Almeida terakhir kali berkompetisi di Indonesia tahun 2019 lalu atau dua musim yang lalu. Dia pun tidak memiliki data terakhir mengenai pemain-pemain Arema FC. Walaupun dia mengaku sedikit terbantu dengan data terakhir yang dimilikinya saat bersama “Kabau Sirah”.

“Saya sudah mengetahui mayoritas klub-klub di Indonesia. Saya sempat menghadapi mereka semua waktu 2019 dan saya masih ada analisisnya. Walaupun banyak pemain keluar-masuk tim dan pindah kompetisi, saya yakin 80 persen pemain masih ada di kompetisi (Liga 1) sejak terakhir saya di Indonesia,” ujarnya kepada New Malang Pos.

Baca Juga :  Sekda Berpeluang Plh Bupati

Namun, bisa jadi penggalian lewat data terakhir bakal menyulitkan Almeida. Sebab, hanya ada sebelas pemain Arema FC tersisa dari musim 2019 atau ketika Almeida masih di Indonesia. Di antaranya kiper Utam Rusdiana, Kartika Ajie dan Andriyas Fransisco. Lalu ada Ikhfanul Alam, Johan Alfarizi, Jayus Hariono, Hanif Sjahbandi, Dendi Santoso, Ridwan Tawainella, Dedik Setiawan dan Muhammad Rafli.

Walaupun sejumlah pemain baru Arema FC sudah pernah malang melintang di Liga 1 dan kemungkinan sudah dikenalnya, seperti Teguh Amiruddin (PS Tira Persikabo), Ikhwan Ciptady, Dave Mustaine, Kushedya Hari Yudo (PS Sleman), Feby Eka Putra (Persija), Bagas Adi (Bhayangkara FC), Rizky Dwi Febrianto (Kalteng Putra).

Baca Juga :  Kunci Stoper di Jakarta

Tujuh pemain lainnya yang ada di skuat Arema FC agak asing bagi dia. Mereka adalah pemain muda yang baru promosi atau rekrutan baru sebelum Piala Menpora. Di antaranya, Aji Saka, Didik Ariyanto, Sandy Ferrizal, Seiya da Costa, Ricga Febiyan dan Wiga Brillian.

Juru taktik asal Portugal itu menjelaskan, dia sudah sempat melakukan analisis terhadap pertandingan-pertandingan Arema FC selama Piala Menpora 2021. Melalui tiga pertandingan, dia mencoba memetakan gaya bermain setiap pemain. Dia pun mengaku sudah memiliki catatan terkait hal tersebut. Hanya saja, dia belum mau membuka itu secara mendetail.

Baca Juga :  Batu Zona Merah karena Klaster Keluarga

“Saya melihat beberapa pertandingan Arema FC di Piala Menpora 2021. Dan saya akan melihatnya kembali untuk membuat analisis penuh. Jadi ketika saya tiba di Malang, saya akan pastikan mendapatkan detail-detail yang saya butuhkan dari seluruh pemain,” ungkapnya.

Seperti yang dijanjikan manajemen, Almeida baru tiba di Indonesia tanggal 11 Mei 2021 dan baru akan melatih di tanggal 20 Mei 2021 karena harus melalui isolasi di Jakarta dan Malang. Jika 3 Juli 2021 Liga 1 resmi bergulir, maka Almeida hanya punya waktu bersih selama 45 hari untuk mendalami skuat dan bongkar pasang pemain. (abr/jon)