Alhamdulillah… Lampu Hijau Liga 1 & 2 dengan Penonton, PSSI Siapkan Eksperimen

Ilustrasi. Ipunk/NMP

NEW MALANG POS, YOGYAKARTA – Keinginan pecinta sepak bola tanah air untuk bisa menyaksikan pertandingan langsung di stadion mulai mendapatkan lampu hijau. Pemerintah melalui Menpora Zainudin Amali dan PSSI bersama PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah menggelar pertemuan. Yang memungkinkan Liga 1 dan Liga 2 bisa disaksikan penonton, dengan syarat-syarat khusus di masa pandemi dan kini tengah digodok.

Pertemuan tersebut terjadi Jumat (22/10) malam. Rapat Amali dengan PSSI dan PT LIB itu merespon pernyataan pemerintah melalui Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Pulau Jawa dan Bali, Luhut Pandjaitan yang tengah mempertimbangkan BRI Liga 1 dan Liga 2 dapat terbuka untuk suporter.

Baca Juga :  Jangan Kultuskan Pemain

Menpora Zainudin Amali menyatakan bahwa kemungkinan itu belum pasti dan sekadar paparan awal dari PSSI dan PT LIB. “Saya rapat dengan PSSI dan PT LIB terkait BRI Liga 1 dan Liga 2 yang telah berjalan dan kemungkinan adanya penonton,” kata Amali dalam konferensi pers virtual, Jumat (22/10) malam.

Akan tetapi, hal itu masih sebatas kemungkinan. Sebab diakuinya, dalam situasi pandemi Covid-19 tidak mudah melaksanakan kegiatan yang bergulir secara rutin seperti kompetisi.

“PSSI dan PT LIB sudah memberikan gambaran kepada kami sebagai diskusi awal. Bagaimana nanti persiapannya bila suatu saat nanti dapat diputuskan kompetisi dengan penonton,” jelas dia.

Baca Juga :  Akhiri Narasi Sangkal Covid-19

PSSI pun bahagia dengan adanya wacana tersebut. Selanjutnya, akan ada langkah persiapan dan tahapan penyesuaian, analisa, dan survei lebih dahulu sebelum akhirnya kompetisi dibuka untuk penonton. “Terima kasih atas peluang yang diberikan oleh pemerintah di mana sepakbola ada penonton lagi. Sepakbola tanpa penonton itu memang hambar. Kita akan kaji, survei, dan analisa soal ini lebih dulu’’ ujar Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

Iriawan menyatakan bahwa pihaknya berniat untuk melakukan eksperimen BRI Liga 1 dan Liga 2 terbuka untuk penonton dengan menggandeng sejumlah kelompok suporter.

Baca Juga :  Pemeriksaan Patah Tulang Marquez, Begini Kabarnya

Namun, pria yang akrab disapa Iwan Bule ini belum dapat memastikan kapan uji coba kompetisi dengan penonton itu dapat berlangsung. Termasuk kapan kebijakan tersebut dapat diterapkan.

“Kami akan menggelar uji coba untuk bisa memastikan sekaligus mengkaji ke tahapan berikutnya. Uji coba penonton itu artinya para koordinator kelompok suporter dan anggotanya akan kami coba untuk bisa melihat bagaimana pelaksanaannya di stadion,” ucap Iriawan. (ley)

artikel Pilihan