Akun Facebook Rifkyi Buangetzz, Pengunggah Foto Hujatan untuk KRI Nanggala-402 Dilaporkan Polisi

facebook
Foto Devy Candra yang dicatut dalam untuk komentar hujat KRI Nanggala-402 di Klaten, Selasa (4/5/2021). (Foto: Tangkapan layar media sosial)

Klaten, NewMalangPos – Akun yang menyalahgunakan foto Devy Candra Kusuma (30) untuk menghujat kru kapal selam KRI Nanggala-402, akhirnya dilaporkan ke Polres Klaten, Jawa Tengah.

“Akun Rifkyi Buangetzz tersebut menggunakan profil foto saya. Sedangkan saya tidak pernah mempunyai akun Facebook bernama Rifkyi Buangetzz,” ungkap Devy Candra, seperti dilansir dari detikcom, Selasa (4/5/2021).

Devy yang merupakan warga Gantiwarno, Klaten ini mengetahui fotonya digunakan oleh orang tak bertanggungjawab terkait tenggelamnya KRI Nanggala-402 pada 29 April 2021 pukul 12.50 WIB. Saat itu dia mendapat kiriman tangkapan layar postingan akun Rifkyi Buangetzz dari temannya.

“Pada saat saya berada di rumah, saya menerima pesan dari teman yang isinya mengirimi saya gambar screenshot dari Facebook dengan nama akun Rifkyi Buangetzz itu. Isinya mengirim foto kapal selam 402 dengan narasi/caption tidak baik,” sambung Devy.

Baca Juga :  Listrik DKI Padam Alias Mati Lampu, Ini Penjelasan PLN

Mengetahui fotonya digunakan untuk komentar tidak baik, Devy merasa dirugikan. Untuk itu dia melapor ke polisi agar pelaku ditangkap.

“Karena saya dirugikan dengan kejadian itu dan saya benar-benar tidak memiliki akun Rifkyi Buangetzz, maka saya melaporkan kejadian itu ke Polres Klaten,” jelas Devy.

Menurutnya, pelaku tidak hanya mencomot fotonya untuk menghujat kru KRI Nanggala-402 tapi juga untuk aksi lain. Dua bulan lalu fotonya digunakan untuk menawar motor yang dijual lewat online.

“Hampir dua bulan pelaku juga nawar jual beli motor dan nginbox perempuan mengajak ketemu. Padahal menggunakan foto saya,” kata Devy.

Baca Juga :  Bahas RUU EBT, Ridwan Kamil Diundang DPR Untuk Pemaparan

Devy menduga pelaku mungkin orang yang tinggal di sekitar Klaten. Sebab dari penelusurannya, pelaku sudah bergabung dengan Facebook sejak tahun 2013. “Cuma foto asli dia dihapus dan diganti foto saya,” imbuh Devy.

“Ya jelas ingin saya orang tersebut ditangkap secepatnya soalnya sudah merugikan saya dan mencemarkan nama baik saya. Sampe menyebar di semua grup berita,” pungkasnya.

Kasat Reskrim Polres Klaten AKP Andriansyah Rithas Hasibuan membenarkan adanya dua laporan yang melaporkan akun tersebut terkait postingan menghujat KRI Nanggala-402. Baik laporan dari Devy maupun RSCH masih dalam penyelidikan.

Baca Juga :  Pelayanan GeNose di Pelabuhan Ketapang Kembali Dibuka

“Iya, dua laporan itu masih dalam penyelidikan. Kita sedang cek akunnya masih aktif atau tidak,” jelas Andriansyah kepada detikcom hari ini.

Diberitakan sebelumnya, Direksi Rumah Sakit Cakra Husada (RSCH) Klaten juga sudah melaporkan akun Rifkyi Buangetzz ke Polres Klaten kemarin. Akun tersebut dilaporkan karena mencatut RSCH dalam komentar hujatan terhadap awak KRI Nanggala-402.

“Kita sempat kemarin didatangi dari Kodim dua orang dan dari TNI AL tiga orang untuk klarifikasi. Semua sudah kita jelaskan panjang lebar,” jelas Direktur Umum RSCH Joko Susanto pada detikcom di Mapolres Klaten, Senin (3/5). (sip/mbr/dtk/mg1/ley/nmp)