Akses Tambahan Flyover Kedungkandang Dapat Dilalui

SUDAH DILALUI : Jalan baru hasil pelebaran di Flyover Kedungkandang sudah dapat dilalui pada Minggu (20/3).( NMP/MOCH. REXY QOLBI ANURA)

Malang, NewMalangPos – Flyover Kedungkandang kini mendapatkan akses tambahan dengan pelebaran di sisi kiri. Bahkan sejak Sabtu, (20/3) kemarin sudah dapat dilalui. Untuk kendaraan yang melalui memang terbatas pada roda dua saja untuk saat ini.

Kasi Rekayasa Dan Keselamatan Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub), Heriono menyampaikan untuk pembangunan masih berlangsung. Selain itu untuk rekayasa lalu lintas nya, masih akan dimatangkan kembali.

“Rencananya dari arah utara (Jalan Ki Ageng Gribig)  nanti melewati bawah untuk kendaraan kecil khususnya roda dua, tapi akan dimatangkan untuk kedepannya,” ujarnya Sabtu (20/3).

Baca Juga :  Gempa di Malang Akibatkan Tiga Korban Meninggal di Kecamatan Ampelgading, Berikut Identitasnya

Pihaknya untuk saat ini masih mengkaji terkait bagaimana rekayasa lalu lintas di ruas jalan tersebut. Intinya itu untuk memecah kemacetan yang terjadi di simpang Jalan Muharto dan Jalan Ki Ageng Gribig, serta agar masyarakat juga dapat menikmati karya-karya mural yang telah dibuat oleh para seniman graffiti.

“Dari arah Polsek Kedungkandang turun ke bawah nanti bisa melingkar, lalu lewat bawah seperti jembatan yang lama dan keluar di selatan, tapi itu belum bisa dipastikan,” lanjutnya.

Hal tersebut juga diungkapkan oleh Kepala DPURPKP, Hadi Santoso bahwasanya pihaknya sudah merencanakan jika dari Jalan Muharto ke Jalan Ki Ageng Gribig  tinggal belok kiri saja. Sedangkan rekayasa dari arah Ki Ageng Gribig ke Muharto bakal dibuatkan U-Turn di bawah flyover.

Baca Juga :  Luncurkan KA Arjuna Ekspres Surabaya-Malang

“Memang yang saya desain nanti agak ke utara sedikit, kemudian dibuatkan U-Turn di sekitar lapangan di situ,” tuturnya.

Hal itu ia rencanakan dapat mengatasi kemacetan, yang kerap terjadi. Berdasarkan berbagai pertimbangan, pihaknya memutuskan untik membuat pelebaran jalan di samping Flyover Kedungkandang.

Harapannya dengan adanya fasilitas tersebut, kendaraan dapat melintas sesuai kebutuhan dengan lancar. Sehingga penumpukan kendaran di simpang tersebut akan berkurang, dan tidak terjadi kemacetan panjang.

“Pasti ada pelebaran, kalau mau arah GOR Ken Arok nanti ambil jalur kiri, atau yang lurus tetap ditengah kalau mau U-Turn ambil jalur kiri, baru belok,” ujarnya.

Baca Juga :  Selidiki Video Gus Idris Ditembak

Soni sapaan akrabnya, menyampaikan untuk penuntasannya ia mengusulkan di APBD Perubahan (APBD-P) tahun ini. Hal ini juga direncanakan agar masyarakat bisa ikut menikmati karya-karya mural yang berada di kaki jembatan.

“Doakan PAD-nya besar, kami usulkan di APBD Perubahan. Kalau pelebaran di mulut jembatan sudah di kerjakan,” pungkasnya. (rex/udi)