Abdullah Husein, Entertainer Kreatif Warnai Panggung Nasional

Vino duet dengan Rossa di panggung salah satu event wedding di Malang sebelum pandemi Covid-19.

Dari Manggung Acara 17-an Jadi Pasangan Duet Diva Indonesia

NEW MALANG POS – Duet bersama artis ibu kota kerap menjadi bonus pekerjaan yang digelutinya. Salah satunya duet bersama Rossa di salah satu event wedding di Malang.

MEMULAI karir nyanyi dari panggung RW, Abdullah Husein kini bersanding dengan penyanyi papan atas di jagat hiburan. Vino, sapaan akrab Abdullah Husein berkali-kali sepanggung dengan sejumlah artis papan atas di event besar pula. Bahkan ia pernah duet denga diva Ruth Sahanaya dan Krisdayanti.

Vino tekun di dunia entertain. Belakangan pria asal Lawang ini langganan mengisi acaar artis ibu kota. Jika mengetahui event wedding terbesar di Indonesia, April 2021 lalu, yakni resepsi pernikahan Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah, Vino menjadi salah satu pengisi acara. Ia menyanyi dalam resepsi pernikahan itu.

Kesempatan ini juga membuat Vino bisa tampil di depan Presiden Joko Widodo. Untuk diketahui, pernikahan Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah dihadiri orang pertama di Indonesia. “Iya itu pengalaman sangat menyenangkan ketika bisa tampil di sana,” kata Vino.

Sebelum manggung di acara pernikahan Atta dan Aurel, ia menjadi pengisi acara Pesta Bujang (Bachelor Party) Atta Halilintar. Belum lama ini pula Vino diundang mengisi acara astis ibu kota lainnya.
Di antaranya lamaran selebgram Ria Ricis. Tidak sampai di situ beberapa tawaran job lainnya sudah menunggu Vino dalam waktu dekat.

Baca Juga :  Gabungan Komunitas Vaksinasi 1000 Aktivis

“Kebetulan ini mau diajak oleh band yang sering keluar masuk Istana Negara buat ikut nyanyi di sana. Semoga rencannya lancar,” jelas pria kelahiran 1988 ini.

Capaian Vino sekarang tak diraih dalam waktu yang singkat. Ia meniti karir dari bawah. Pantang menyerah, selalu berusaha dan berpikir positif. Itulah prinsip Vino selama ini.
Dia memulai karirnya di dunia entertainment sejak duduk di bangku sekolah. Saat SMP dan SMA memang dikenal banyak temannya yang mewarnai dunia hiburan.

“Dulu saya dibilang sering heboh sendiri. Kalau ada acara yang bikin heboh saya,” kenang Vino menceritakan awal mula ia tertarik di dunia entertainment.

Dari situlah dipercaya mengisi acara dengan menyumbangkan suaranya di acara-acara sekolah. Seperti Pentas Seni Sekolah (Pensi). Dia kemudian tampil di luar sekolah. Job pertamanya di luar sekolah yakni sebagai penghibur di acara 17-an (acara peringatan HUT RI) di lingkungan rumahnya di Lawang.

Kepercayaan diri semakin tumbuh, skillnya sebagai entertainer juga kian terasah. Terutama saat mulai kuliah. Alumnus UMM Jurusan Komunikasi ini pun mulai bekerja sebagai entertainer event profesional. Mulai dari menyumbang suara di kafe dan restoran hingga yang lebih besar seperti pengisi acara di event-event wedding.

Baca Juga :  Perumda Tunas Kota Malang Bawa Produk UMKM Tembus Pasar Malaysia

“Dari situ mulai banyak pengalaman, nama mulai dikenal. Paling sering dapat tawaran acara pernikaha dan event-event besar di Kota Malang. Sampai saya bisa bentuk entertainment business sendiri namanya Vinoqi Entertainment,” papar Vino.

Pengalamannya pun makin berkembang. Apalagi terlibat sebagai entertainer event membawanya pada pengalaman-pengalaman menarik. Salah satunya bernyanyi atau duet dengan penyanyi-penyanyi ibu kota.

Salah satu contohnya Vino sudah berkali-kali duet bersama Rossa. Artis lainnya yang sempat berduet dengan dia di antaranya Krisdayanti, Ruth Sahanaya, Syahrini, Via Vallen, Sammy Simorangkir, Rio Febrian dan banyak lainnya.
‘Itu semua di Malang. Saat ada event yang undang artis-artis ini, saya berkesempatan duet juga karena saat itu isi acara,” tutur alumnus SMAN 1 Lawang ini.

Vino kemudian menceritakan, kesempatan manggung di acara-acara lebih besar baru dirasakannya pada awal 2021 ini. Hal ini unik, karena karirnya menanjak saat pandemi Covid-19 belum surut, ditambah acara besar seperti pernikahan sangat dibatasi.
Namun demikian ia sempat mengalami kondisi saat job sepi kala PPKM Darurat diberlakukan. Tetapi ia tidak kehabisan akal. Foto dan video penampilannya yang terdahulu di-upload di
akun medsosnya.

“Jadi saat PSBB kan resepsi masih bisa dilakukan tapi prokes banget. Nah aturannya kan salaman tak boleh makan di tempat juga tak boleh. Di sinilah band dan penyanyi wedding atau pengisi acara dibutuhkan. Konsep yang saya bawa band wedding itu berada di tengah panggung. Kalau dulu-dulu kita pasti dipojokan,” papar pemuda yang sebelumnya tertarik berkarir menjadi psikiater ini.

Baca Juga :  KPPN Malang Beri Penghargaan 15 Satuan Kerja

Maka Vino memposting konsep event, khususnya wedding yang ia selenggarakan dimana band wedding menjadi sentral hiburan, dekorasi menjadi hal penting. Dari situ banyak komentar berdatangan di medsos miliknya.
Banyak yang kemudian menanyakan bagaimana caranya event yang dibatasi saat pandemi bisa tergelar semegah itu tapi dengan prokes ketat.

“Ada beberapa video kami yang nonton sampai satu jutaan jadi cukup viral. Banyak yang kaget itu acara diadakan di daerah, di Malang. Dikira acara di Jakarta. Nah dari sini saya dilirik salah satu bussines entertainment besar Jakarta namanya Deo Entertainment. Pemiliknya namanya Deo Riyanto. Nah ini yang akhirnya ngajak saya ke event-event seperti nikahannya Atta-Aurel itu,” cerita Vino.

Vino mengungkapkan pandemi Covid-19 memang sempat memukul dunia entertainment. Akan tetapi selalu ada solusi. Ia tidak mau pasrah begitu saja. Ide dan konsep fresh event besar bisa dilaksanakan secara menarik dengan menerapkan prokses. (Sisca Angelina/van)

artikel Pilihan