7 Tips Agar Berat Badan Kurus Saat Malam Hari

ilustrasi (Foto: iStock)

Jakarta, NewMalangPos – Saat malam hari biasanya menjadi waktu kosong yang panjang dan seringkali kita habiskan dengan bersantai, sambil menikmati camilan untuk teman menonton TV.

Tahukah anda? kegiatan ngemil tersebut dan kurangnya gerak menjadi salah satu faktor penambah berat badan. Terlebih jika makanan yang dikonsumsi tinggi kalori, garam, serta karbohidrat.

Namun jangan khawatir, karena sebenarnya ada cara menurunkan berat badan malam hari. Khususnya bagi Anda yang sibuk dan tidak sempat berolahraga di pagi hari.

Melansir dari CNN Inadonesia, Sabtu (18/9), cara turunkan berat badan ini tidak melulu latihan atau olahraga berat. Tapi kegiatan-kegiatan yang membantu tubuh Anda tetap aktif bergerak di malam hari.

  1. Menyibukkan diri
    Ilustrasi menulis di atas bukuCara menurunkan berat badan malam hari dengan beraktivitas dan menyibukkan diri (Foto: Kaboompics)
    Dikarenakan waktu malam hari cenderung lengang, Anda jangan habiskan dengan menyantap camilan aja.
    Cobalah untuk menyibukkan diri sebelum tidur dan alihkan perhatian dari makanan. Seperti menulis jurnal, ngobrol, menonton film, membereskan kamar supaya tidur Anda nyaman, atau kegiatan lainnya.
  2. Hindari makan sebelum tidur
    Sad Young woman looking depressed eating ice cream at homeCara menurunkan berat badan malam hari dengan hindari makan makanan berat tepat sebelum waktu tidur (Foto: Istockphoto/SolStock)
    Masih soal makanan, biasanya beberapa orang beranggapan bahwa makan malam sebelum tidur akan membuat lebih nyenyak. Padahal justru membuat perut terasa begah dan jadi sulit tidur.
    Makan malam masih diperbolehkan, asal diberi jeda maksimal 2-3 jam sebelum waktu tidur. Selain itu pilih makanan yang menyehatkan dan tidak tinggi kalori.
  3. Berolahraga ringan
Baca Juga :  7 Drama Korea Terbaru Tayang Desember 2020

ilustrasi gerakan olahragaCara menurunkan berat badan malam hari dengan olahraga ringan (Foto: iStockphoto/torwai)
Cara menurunkan berat badan malam hari bisa dengan olahraga ringan atau berjalan santai mengelilingi rumah, naik-turun tangga, maupun membereskan rumah.
Olahraga dapat dilakukan sebelum malam seperti sore hari dengan bersepeda, jogging juga cukup memengaruhi tubuh supaya tidur lebih nyenyak dan terhindar dari makan malam.

  1. Jadwal tidur teratur
    ilustrasi mimpiCara menurunkan berat badan malam hari dengan membiasakan tidur tepat waktu (Foto: istockphoto/Adene Sanchez)
    Menerapkan jam tidur yang teratur sangat berpengaruh dalam mengontrol berat badan serta bermanfaat menjaga kesehatan.
    Idealnya untuk dewasa muda usia 18-25 yaitu 7-9 jam per hari, dewasa usia 26-64 yaitu 7-9 jam per hari, dan lansia di atas 65 tahun 7-8 jam per hari.
  2. Sikat gigi setelah makan malam
    Portrait of pretty young woman brushing her teeth in the bathroom at home.Cara menurunkan berat badan malam hari dengan langsung menyikat gigi agar mengerem keinginan ngemil (Foto: Istockphoto/nensuria)
    Dikarenakan metabolisme tubuh pada malam hari lambat, disarankan tidak mengonsumsi makanan berat pada malam hari.
    Terapkan kebiasaan menyikat gigi, terutama setelah 60 menit lewat dari jam makan malam. Kegiatan ini juga membantu Anda terhindar dari keinginan ngemil.
  3. Meditasi
    Self learning. Woman using laptop to training yoga online in living roomCara menurunkan berat badan malam hari dengan bermeditasi (Foto: Istockphoto/Getty Images/Prostock-Studio)
    Stres termasuk salah satu faktor yang menyebabkan kenaikan berat badan. Coba untuk luangkan waktu bersantai di malam hari dengan meditasi.
    Kegiatan meditasi ini dapat menurunkan tingkat stres Anda sekaligus meningkatkan kualitas tidur lebih nyenyak.
  4. Matikan lampu
    Burning candle and lamp on desktop in darkness (no electricity). Troubles with electricity after storm.Cara menurunkan berat badan malam hari dengan mematikan lampu maupun gadget (Foto: Istockphoto/Ruslan Danyliuk)
Baca Juga :  #KarenaKamuBerharga, KosmeMask Bantu 50 Ribu Masker

Lampu kamar yang dimatikan saat tidur akan membuat tubuh memproduksi hormon melatonin serta membantu memaksimalkan kerja metabolisme tubuh.
Tidak harus dipadamkan menyeluruh sampai gelap gulita. Anda bisa gunakan lampu tidur yang cahayanya lebih redup.

Cara menurunkan berat badan malam hari seperti kegiatan-kegiatan yang disebutkan di atas, memang tidak sepenuhnya efektif.
Anda tetap harus mengimbangi pola hidup sehat lainnya, seperti mengikuti diet sehat seimbang, olahraga rutin, dan menghindari kebiasaan-kebiasaan yang memicu kenaikan berat badan. (avd/fef/cnni/mg7/mg9/mar/nmp)

artikel Pilihan