5 Sahabat Nabi Muhammad SAW yang Kaya Raya dan Dermawan

6
Terdapat 5 sahabat nabi yang kaya sekaligus memiliki sifat yang dermawan. Kekayaan mereka sebagian berasal dari berdagang. (Foto: CNN Indonesia/Fajrian)

Jakarta, NewMalangPos – Rasulullah semasa hidupnya menjalin tali persahabatan dengan semua orang dari berbagai golongan, termasuk orang kaya. Beliau senantiasa dikelilingi para sahabat yang setia.

Selain kaya raya, para sahabatnya ini rela mengorbankan apa pun yang dimiliki, baik itu nyawa maupun harta demi Rasulullah menegakkan agama Islam di muka bumi.

Melansir CNN Indonesia, Senin (3/5), ada 5 sahabat Rasulullah yang dikenal kaya namun memiliki sifat yang dermawan. Kekayaan mereka sebagian berasal dari perdagangan. Berikut sahabat Nabi Muhammad SAW yang kaya raya.

  1. Abdurrahman bin Auf
    Abdurrahman bin Auf dikenal sebagai sahabat Nabi Muhammad SAW yang memiliki keahlian dalam berbisnis. Kebaikannya dikenal oleh para sahabat lewat sifat kedermawanannya.
    Usianya 10 tahun lebih muda dari Nabi SAW. Dirinya ikut berjuang di jalan Allah berbekal harta dan semangat jiwa. Beliau termasuk orang kedelapan yang masuk Islam.
    Abdurrahman bin Auf memiliki empat orang istri. Ketika ia wafat masing-masing istrinya mendapatkan warisan sebesar 100.000 Dinar.
    Total kekayaan Abdurrahman bin Auf saat meninggal disebut sebesar 3.200.000 Dinar. Adapun aset lainnya terdiri atas 100 ekor unta, 100 ekor kuda dan 3.000 ekor kambing.
    Abdurrahman bin Auf ini boleh bilang sahabat Rasulullah yang menempati posisi paling kaya.
  2. Az Zubair bin al ‘Awwam
    Selanjutnya, Az Zubar bin al ‘Awwam yang merupakan putra dari bibi Rasulullah, Shafiyyah binti Abdul Muthalib alias sepupu dari Nabi Muhammad SAW.
    Zubair termasuk dalam golongan as-Sabiqun al-Awwalun, sahabat nabi yang dijamin masuk surga. Sahabat Rasulullah yang satu ini juga dikenal sebagai orang pertama yang menghunus pedang di jalan Allah.
    Konon, Zubair termasuk pejuang yang mahir dalam bertempur sembari menunggang kuda. Kebanyakan hartanya berupa tanah dan rumah, antara lain padang belantara, 11 rumah besar di Madinah, dua di Basrah, dan satu di Kuffah dan Mesir.
    Sebelum wafat, dirinya berwasiat agar sepertiga hartanya dibagikan kepada cucu-cucunya dan dua per tiga lainnya diberikan kepada ahli waris.
    Saat meninggal, harta warisnya sebanyak 38.400.000 Dirham dan wasiatnya sebesar 19.200.000 Dirham, sehingga total mencapai 57.600.000 Dirham.
  3. Utsman bin Affan
    Sahabat Nabi Muhammad SAW yang kaya selanjutnya adalah Utsman bin Affan. Ia sangat tersohor sebagai seorang pedagang kaya dan sangat dermawan.
    Namanya dikenal sebagai saudagar yang sangat sukses dan tidak tanggung-tanggung untuk menyedekahkan hartanya untuk kepentingan syiar Islam.
    Pada saat itu, Usman bin Affan kekayaannya mencakup 30 juta Dirham, 150.000 Dinar, dan 1.000 ekor unta. Kekayaan lain dari Utsman bin Affan yang amat tak terkira adalah menikahi dua orang putri Rasulullah SAW.
  4. Thalhah bin Ubaidillah
    Sahabat Rasulullah yang satu ini sangat terpuji saat itu, sebab wafat pada saat mengikuti Perang Uhud. Thalhah bin Ubaidillah merupakan sahabat Nabi dari kaum Quraisy yang menjadi orang kedelapan yang pertama kali masuk Islam.
    Saat perang Uhud, ia melindungi Nabi Muhammad SAW hingga sekujur tubuhnya menerima 70 luka dari sabetan pedang, tusukan tombak, dan anak panah, dan jari-jarinya terpotong.
    Thalhah memiliki kekayaan berupa uang 2.200.000 Dirham dan 200.000 Dinar, tanpa tanah ataupun aset. Meski begitu dirinya tetap menyedekahkan sebagian hartanya sebanyak 300.000 Dirham.
  5. Sa’ad bin Abi Waqqash
    Sahabat Rasulullah yang satu ini masuk Islam pada umur 17 tahun. Sa’ad bin Abi Waqqash selalu mengikuti pertempuran dengan kaum Quraisy.
    Sa’ad bin Abi Waqqash sempat menjadi pemimpin perang pada saat melawan Persia. Perang tersebut merupakan salah satu perang besar dan bersejarah bagi umat Islam.
    Sa’d bin Abi Waqqash adalah seorang pemberani dalam peperangan. Konon, ia yang pertama kali kena tusuk anak panah dan pertama kali dalam sejarah Islam melesatkan panah dari busurnya ke arah musuh.
    Sebelum wafat, salah satu dari sahabat Nabi Muhammad SAW yang kaya ini meninggalkan harta waris sebesar 250.000 Dirham. (din/fef/cnni/ley/nmp)