4 Jenis Teh Ini Bantu Turunkan Asam Urat

Berikut ragam jenis teh yang diyakini membantu turunkan asam urat. (Wikipedia/Haneburger)

Jakarta, NEW MALNG POS – Mayarakat Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan asam urat. Berbagai pengobatan pun kini sudah tersedia untuk mengatur kadar asam urat, termasuk pengobatan tradisional dengan meminum teh.

Berikut jenis teh yang dapat membantu turunkan asam urat.

Asam urat dapat dibilang penyakit yang sering dijumpai pada kalangan  masyarakat Indonesia. Penyakit ini tidak menular, tapi bisa terjadi pada siapa saja.

Sejatinya, asam urat adalah bentuk radang sendi yang menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman. Asam urat seringkali terjadi pada jari kaki, pergelangan kaki, dan lutut.

Sebagaimana dilansir dari  CNN Indonesia, Kamis (24/6), asam urat terjadi karena terlalu banyak kadar asam urat (uric acid) pada tubuh. Kadar asam ini dihasilkan oleh produk sampingan dari saat tubuh memecah purin dalam makanan yang dikonsumsi.

Baca Juga :  Penyebab Payudara Gatal Selain Karena Kehamilan

Dalam kondisi normal, uric acid akan keluar melalui urin dan feses. Namun jika kadarnya berlebih, zat tersebut akan menumpuk dan mengkristal di sekitar persendian. Penumpukan kristal ini akan menyebabkan peradangan.

Selain pengobatan medis, mengatur pola makan dan makan makanan empat sehat lima sempurna bisa membantu mengatasi kadar asam urat tinggi. Selain itu, beberapa jenis teh juga dikatakan bisa membantu mengatur kadar asam urat.

Berikut beberapa jenis teh yang bantu turunkan kadar asam urat.

1. Teh hitam

Di Indonesia, teh hitam amat mudah ditemukan di supermarket. Teh hitam tersedia dalam bentuk teh kantong atau berbentuk teh cacah yang bisa Anda sajikan tubruk.

Selain rasanya yang nikmat, teh hitam juga memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah menurunkan kadar asam urat pada tubuh.

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan di National Library of Medicine, teh hitam bisa menurunkan level asam urat pada tubuh.

Baca Juga :  Ini Rahasia Air Laut Berwarna Biru

Sebuah observasi pada kelompok yang mengkonsumsi 9 gram teh hitam (setara 3 cangkir teh) setiap hari selama 12 minggu, menunjukkan penurunan signifikan pada asam urat hingga 9,4 persen.

2. Teh hijau

Selain teh hitam, teh hijau atau green tea juga disebut bisa menurunkan kadar asam urat pada tubuh.

Penelitian di National Library of Medicine mengatakan teh hijau kaya katekin, salah satu senyawa yang terkandung dalam zat antioksidan teh. Efek antioksidan pada teh hijau ini dapat menghambat produksi asam urat berlebih.

3. Teh kembang sepatu

Beberapa jenis artisan tea juga disebut bisa mengurangi kadar asam urat tinggi pada tubuh. Salah satu artisan tea yang dianjurkan adalah teh kembang sepatu (hibiscus).

Baca Juga :  Aktor Serial The Umbrella Academy Kagumi The Raid

Menurut Healthline, sebuah penelitian pada hewan menunjukkan bahwa konsumsi teh kembang sepatu menurunkan kadar asam urat. Meski penelitian ini masih harus didalami lebih lanjut pada manusia.

Jika akan mengkonsumsi teh kembang sepatu sebagai obat tradisional, sebaiknya konsultasikan lebih dulu pada dokter.

4. Teh dandelion

Bunga dandelion banyak diekstrak menjadi suplemen untuk menjaga kesehatan liver dan ginjal. Bunga dandelion juga banyak disajikan sebagai artisan tea. Teh dandelion juga cukup mudah ditemukan di supermarket.

Teh dandelion disebut dapat menurunkan kadar asam urat pada pasien yang berisiko gagal ginjal. Namun belum ada penelitian yang membuktikan dandelion bisa mengatasi penyakit asam urat.

Asam urat yang tidak ditangani bisa menyebabkan kerusakan sendi permanen. Periksakan ke dokter jika asam urat terasa semakin memburuk, panas, meradang, disertai demam tinggi. (els/agn/cnni/mg1/ley/nmp)