3 Tips Merawat Kecantikan dan Kebersihan Kulit untuk Kaum Hijabers

Merawat kulit dan tubuh harus dilakukan setiap orang. Bagi wanita, perawatan tubuh dan kulit memang penting dilakukan, terutama mereka yang berhijab.(istockphoto/visualspace/CNN Indonesia)

Jakarta, NewMalangPos – Merawat kulit dan tubuh memang harus dilakukan oleh setiap orang. Bagi kaum perempuan, perawatan tubuh dan kulit merupakan hal penting untuk dilakukan, terutama mereka yang berhijab.

Dokter dermatologi, Iramadita Citrashanty mengatakan, perawatan kulit adalah investasi seumur hidup, sebab tak ada yang bisa menghentikan proses penuaan pada kulit. Penting menjaga kelembaban kulit dengan mengatur kadar air yang terkandung di dalamnya.

Kadar air di dalam lapisan kulit dan tubuh akan berkurang seiring waktu, jika kulit tak memiliki kadar air cukup akan timbul berbagai masalah seperti penuaan dini, keriput hingga muncul bercak hitam di wajah.

Baca Juga :  Ketahui Cara Cegah Diabetes yang Terjadi di Usia Muda

Kata Irma, selama ini ada pandangan yang salah terkait perawatan tubuh untuk wanita berhijab. Banyak wanita yang menganggap perawatan kulit dan tubuh tak lagi diperlukan sebab hijab telah melindungi kulit dari paparan debu, sinar UVA dan UVB dan masalah lain yang bisa merusak kulit.

Padahal kata dia, kerusakan kulit justru lebih rentan dialami wanita yang berhijab.

“Kulit meskipun tidak beraktivitas akan tetap evaporasi. Orang berhijab pasti berkeringat, keringat ini mengurangi kadar air yang ada di tubuh,” kata dia, seperti dikutip dari CNN Indonesia, Jumat (22/10).

Baca Juga :  Cara Tetap Bugar dan Sehat saat Bersepeda

Tak hanya itu, kadar keringat juga tak langsung muncul ke permukaan. Dia justru akan berdiam di bawah hijab yang menyebabkan tubuh terasa lembap, lengket dan berujung iritasi. Berikut cara merawat dan menjaga kulit agar tidak menimbulkan bau keringat dan tetap sehat.

  1. Gunakan pelembap yang mudah meresap
    Wanita berhijab mudah berkeringat. Keringat juga tidak mudah terserap dan akan berdiam di atas kulit. Gunakan pelembab yang mudah meresap sehingga kulit yang berkeringat tidak lengket akibat percampuran keringat dengan pelembab.

“Cari formulasi yang nyaman digunakan, tidak lengket dan bikin gerah. Cari yang mudah menyerap, ganti pelembap dengan serum juga tidak apa-apa,” kata dia.

  1. Gunakan setelah mandi
    Aplikasikan serum atau pelembap setelah mandi, agar kulit juga masih mengandung kadar air dari sisa mandi.
  2. Untuk kulit kering aplikasikan setiap habis wudhu
    Jika Anda memiliki jenis kulit yang mudah kering atau memang menggunakan pelembab yang tidak mudah terserap tubuh, sebaiknya aplikasikan setiap habis bersentuhan dengan air atau wudhu.
Baca Juga :  Smashing Pumpkins Merambah Bisnis Fesyen Skatewear

“Tapi kalau kulitnya memang lembap tidak apa-apa. Ini bergantung pada jenis kulit Anda,” kata dia.
(tst/chs/cnni/mg7/nmp)

artikel Pilihan