newmalangpos
Ilustrasi. Erykah Badu menjalani tes cepat antigen Covid-19. (livepict.com via Wikimedia (CC-BY-SA-3.0))

NEW MALANG POS – Penyanyi Erykah Badu berkisah mengenai pengalamannya menjalani tes cepat antigen Covid-19 dengan uji usap hidung tiga kali dalam sehari. Namun, hasil yang janggal justru didapatnya.

Pelantun “On & On” itu membagikan informasi tersebut melalui cuitan di akun Twitter ofisialnya. Dia mengunggah gambar hasil uji antigen Covid-19. Hasilnya, tes usap pada hidung kiri dinyatakan positif, sementara pada hidung kanan dinyatakan negatif.

“Lucunya, dokter hanya melaporkan bahwa hasilnya positif. Apa yang terjadi di sini?” ujar Badu dalam cuitannya, beberapa waktu lalu.

Mengutip New York Daily News, Badu mengatakan bahwa tes cepat antigen Covid-19 pada kedua hidungnya dilakukan di hari yang sama, dan dengan mesin yang sama pada medio November lalu. Hasil yang berbeda dari kedua lubang hidung membuat hasil yang didapat semakin tidak jelas.

Diberitakan CNN Indonesia,  Badu juga sama sekali tak merasakan gejala klinis Covid-19. “Saya merasa baik-baik saja,” katanya.

Tes cepat antigen Covid-19 menjadi semakin populer, terutama digunakan untuk keperluan syuting film atau video klip untuk memastikan keamanan orang-orang yang terlibat dalam proses produksi.

Namun, mengutip Science, tes jenis ini cenderung memiliki tingkat keakuratan yang rendah. Artinya, seseorang yang terinfeksi bisa menerima hasil tes negatif.

Bagaimana pun, tes PCR dilaporkan lebih akurat dalam mendeteksi infeksi Covid-19 dibanding jenis tes lainnya. (asr/CNNI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here