newmalangpos

NEW MALANG POS, MALANG – Arema FC kembali lolos AFC Club Licensing Cycle tahun 2020 ini. Bersama dengan lima klub Liga 1 lainnya, tim Singo Edan lulus proses standarisasi dan verifikasi kualitas manajemen klub profesional yang diperkenalkan oleh AFC untuk mendukung perkembangan sepak bola.

Selain sebagai acuan standar profesional, AFC Club Licensing Cycle juga juga merupakan suatu syarat klub. Untuk dapat berpartisipasi di kompetisi resmi AFC seperti AFC Champions League dan AFC Cup.

Media Officer Arema FC Sudarmaji mengatakan, ditetapkan sebagai salah satu dari enam tim yang lolos AFC Club Licensing Cycle 2020, memiliki arti penting untuk klub.  Sebab, bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, tahun ini proses Licensing Club dihadapi di saat situasi sulit.

“Bagi kami saat ini kan kondisi tersulit yang dihadapi semua klub. Tapi proses Licensing Club sudah menjadi rutinitas tahunan. Kami harus melaporkan kondisi klub ke AFC, Arema FC  tetap bersemangat menjaga rutinitas itu. Sekaligus fokus kita adalah kerja dan kerja untuk menjaga eksistensi Arema,” ungkapnya.

Dia menyebutkan, ada lima kriteria yang menjadi penilaian pada AFC Club Licensing. Kelima aspek tersebut mencakup sporting, infrastructure, personnel serta administration, legal, dan finance. Tahun ini, seluruh klub Liga 1 2020 mengajukan untuk mengikuti proses ini.

Dia berharap, dengan lolosnya Arema FC di club licensing ini bisa memberikan tambahan pemahaman kepada semua stakeholder klub.

“Baik Aremania, patner Arema di pemerintahan serta mitra kerja, bahwa Arema FC on the track dalam pengelolannya

Di situasi sulit kami tetap komitmen dan konsisten menjaganya, sekali lagi menjaganya. Arema FC istikomah dan tawadhu untuk menjaganya di tengah dinamika yang dihadapi” jelas Sudarmaji.

Menurut dia, musim ini adalah momen berat bagi klub. Di tengah pandemi, tak ada kompetisi dan tak ada pemasukan dari klub, kecuali dari pembagian dana komersial. Malahan, dana tersebut kini mandek sejak Oktober lalu dan baru cair medio Februari mendatang.

“Sekali lagi kondisi ini berat. Jika diperkenankan kami sampaikan, mari kita bersatu fokus menjaga Arema tetap ada. Pengelola Arema FC terus kerja keras untuk itu. Hampir lima tahun berturut turut kita mmpertahankan Club Licensing ini,” tambahnya.

Pria asal Banyuwangi itu menekankan, pihaknya pun sangat terbuka kepada siapapun untuk bertanya atau membantu dan memahami apa itu club licensing. “Kami mau kita bersama-sama bisa memahami kelayakan klub profesional di mata federasi dan AFC secara objektif,” paparnya.

Selain Arema FC, melalui rapat Club Licensing Committee yang dilaksanakan pada Kamis (19/11) di Hotel Harris FX, Jakarta, memutuskan enam klub dinyatakan Granted. Mereka adalah Bali United, Persipura Jayapura, Bhayangkara FC, Borneo FC dan Persib Bandung. (ley)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here