new malang pos
Trio Agus PKS

NEW MALANG POS, MALANG – Pemasangan fasilitas wifi gratis di seluruh RW yang ada di Kota Malang terus dikebut. Hingga November ini, 264 titik wifi gratis sudah terpasang dari target sebanyak 551 titik. Tersisa 287 titik wilayah yang belum terpasang. Targetnya sebelum akhir tahun semuanya dapat terpasang.

Wifi gratis akan dipasang di seluruh lingkungan RW yang ada di Kota Malang. Anggaran yang digelontor Pemkot Malang sebesar Rp 1,5 miliar dalam APBD perubahan 2020 ini.  Menurut Wali Kota Malang Sutiaji, pemasangan wifi sudah dilakukan dan terus diupayakan mencakup seluruh wilayah di Kota Malang. Selain dipasang di lingkungan kelurahan dan kecamatan, kawasan Balai RW pun diprioritaskan.

“Karena saat ini siswa-siswi kita masih belajar melalui sistem online jadi kebutuhan masyarakat, terutama pelajar akan akses internet mengalami peningkatan di masa pandemi. Sambil menunggu bisa tatap muka kita tingkatkan fasilitas ini,” kata Sutiaji kepada New Malang Pos.

Di Kecamatan Blimbing, sudah terpasang di 75 RW dari total 127 RW yang ada. Kemudian di Kecamatan Kedungkandang sudah terpasang di 37 RW dari total 117 RW. Berlanjut ke Kecamatan Klojen yang sudah terpasang di 39 RW dari total 90 RW yang ada.

Kemudian di Kecamatan Lowokwaru sudah terpasang di 68 RW dari total 121 RW. Terakhir, di Kecamatan Sukun sudah terpasang di 45 RW dari total 90 RW. Ke depannya juga dimungkinkan pemasangan wifi grartis ditambah di berbagai kawasan fasilitas  publik lainnya. Seperti seluruh taman kota. Pemerintah Kota Malang juga akan menerbitkan peraturan wali kota terkait pemasangan fasilitas wifi gratis tersebut.

“Ini juga dalam rangka mewujudkan smart city. Ke depan warga juga harus fasilitasi seperti ini lebih  banyak. Karena pelayanan publik juga akan diarahkan pada sistem online,” tandas pria kelahiran 1964 ini. (ica/aim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here