new malang pos
Kerajinan dan produk UMKM jadi potensi masyarakat Desa Mojorejo Kecamatan Junrejo Kota Batu untuk diwadahi Pemdes.

NEW MALANG POS, KOTA BATU – Program Pemkot Batu untuk terus mengembangkan program desa wisata mampu diendus oleh pemerintah desa. Salah satunya adalah Desa Mojorejo Kecamatan Junrejo yang siap mengembangkan sayap sebagai kawasan ekonomi pedesaan terpadu.

Kepala Desa Mojorejo Rujito mengatakan bahwa pihaknya telah merencanakan wilayahnya menjadi kawasan ekonomi pedesaan terpadu tahun 2021. Rencana itu mengacu dari potensi desa dan warganya yang mayoritas adalah pelaku kerajinan dan UMKM.

“Sesuai dengan potensi yang ada, rencananya kami akan buatkan kawasan ekonomi pedesaan terpadu. Ini nanti akan menampung UMKM khas Desa Mojorejo dan tempat bermain anak-anak,” ujar Rujito kepada New Malang Pos, Jumat (20/11) kemarin.

Ia meneranhkan bahwa saat ini Pemdes tengah mengkaji set plan. Kemudian Pemdes Mojorejo akan menggandeng tim teknis dari Universitas Brawijaya (UB) sampai nanti ke tahap Detailed Engineering Design (DED).

Untuk lahannya, desa menyiapkan sekitar 1,5 hektare dengan lokasi strategis di dekat Jalan Raya Ir. Soekarno. Lahan tersebut bakal dimaksimalkan untuk menampung pelaku kerajinan dan UMKM.

“Luasan lahan yang disiapkan sekitar 1,5 hektare. Konsepnya seperti lahan terbuka dengan taman. Ini nanti akan jadi wadah dan membantu pemasaran UMKM Kota Batu, khususnya di Desa Mojorejo,” bebernya.

Dengan adanya kawasan ekonomi pedesaan terpadu, diharap Rujito mampu menjadi pemasukan PADes. Sehingga untuk pengelolaan akan dikerjakan oleh Bumdes.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Arief As Siddiq sangat mendukung inovasi dan program yang dilakukan oleh pemdes. Selama program yang dikerjakan direncanakan dengan baik dan seirama dengan misi Desa Berdaya Kota Berjaya.

“Kami akan mensuport pemdes di Kota Batu. Utamanya bagi pemdes yang terus bergerak mengembangkan desa wisata. Apalagi dengan program desa wisata diharap mampu meningkatkan dan memulihkan perekonomian warganya pada masa New Normal ini,” pungkasnya. (eri/jon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here