new malang pos
Legislatif dan eksekutif membahas Propemperda Kota Malang tahun 2021 yang akan diajukan untuk dibahas.

NEW MALANG POS, MALANG – Kota Malang pernah mendapat julukan sebagai kota corporate social responsibility (CSR). Karena melimpah mendapatkan CSR dari banyak perusahaan. Hanya saja, dua tahun belakangan kucuran CSR terbilang minim. Meski minim, DPRD Kota Malang mengusulkan agar Kota Malang miliki Perda CSR.

Tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan  atau disebut Perda CSR akan dibahas di 2021. Rencana Ranperda itu sudah masuk dalam Propemperda Kota Malang tahun 2021. Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika menjelaskan, Ranperda CSR merupakan usulan legislatif  yang urgen untuk segera dibentuk.

“Kami melihat ini sangat penting dibahas. Diatur secara regulasi daerah. Paling tidak ada arah CSR yang masuk akan dibawa ke mana,” kata Made.

Tidak hanya itu, menurutnya perda ini akan lebih banyak mengatur bentuk CSR. Akan diarahkan tidak hanya pada CSR dalam bentuk infrastruktur seperti yang sebelumnya. Tetapi juga di bidang pembangunan lainnya.

Contohnya CSR di bidang pendidikan, kesehatan hingga sosial dan budaya. Aturan lain yang akan diatur adalah bagaimana kemudian pengelolaan CSR selanjutnya.

“Selama ini belum ada diatur itu. Makanya nanti semua teknis CSR akan diatur,” tegas politisi PDI Perjuangan ini.

Senada, Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan perihal CSR menjadi salah satu yang diharapkan proses pembahasannya dipercepat.  Mekanisme pengaturan dan pelaksanaan sistemnya akan bisa dijalankan sesuai regulasi yang ada.

“Saya minta kalau yang inisiatif dari DPRD ini masalah CSR. Penting dan ini segera. Karena selama ini dari DPRD menyoroti banyak CSR masuk. Kalau ada perdanya enak. Mekanismenya, modelnya, lalu inisiatornya juga bagaimana,” pungkasnya. (ica/aim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here