NMP
Shin Tae Yong masih mencari pemain keturunan untuk mengikuti TC Timnas Indonesia U-19. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)

NEW MALANG POS – Shin Tae Yong menyebut bakal kembali memanggil pemain keturunan untuk bergabung ke pemusatan latihan (TC) bersama Timnas Indonesia U-19.

Saat ini, empat pemain keturunan Indonesia yang berkarier di luar negeri sudah dipanggil Shin Tae Yong yaitu Jack Brown, Elkan Baggott, Kelana Noah Mahesa dan Luah Fynn Jeremy.

Jack Brown dan Baggott merupakan pemain blasteran Indonesia-Inggris. Sedangkan Noah dan Luah keturunan Indonesia-Jerman.

“Kami tentu akan memanggil lagi pemain keturunan. Juga dalam proses pencarian. Sejumlah nama tentu sudah kami kantongi,” kata Shin Tae Yong kepada CNNIndonesia.com melalui PSSI, Kamis (22/10).

Baca Juga: Inisiatif J3K Gojek Pastikan Keamanan Mitra dan Pelanggan

Shin Tae Yong dibantu staf pelatih dan PSSI mencari tahu keberadaan pemain keturunan Indonesia yang berada di luar negeri. Selain mencari data dengan melihat curriculum vitae pemain, ia juga meihat melalui tayangan video dan pantauan langsung.

Namun, seperti yang dilansir CNN Indonesia, untuk bisa memanggil pemain keturunan bergabung dengan Timnas Indonesia U-19 bukan hal yang mudah. Banyak tantangan yang dihadapi Shin Tae Yong dan staf pelatih.

“Ada yang masih main di klub dan klubnya belum memberikan izin. Seperti Jayden [Oosterwolde] yang ketika kami kontak, dia sudah dipanggil Timnas Belanda. Ada juga yang pemainnya masih pikir-pikir untuk gabung Timnas Indonesia.”

“Tapi ada juga yang saat komunikasi dengan pemain lancar dan dia mau gabung latihan. Seperti dua dari Jerman itu. Apalagi jarak Jerman dengan Kroasia cukup dekat, jadi saya bisa lihat mereka secara langsung,” jelas Shin Tae Yong.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan atau Iwan Bule menegaskan tidak pernah ikut campur terkait pemilihan dan pemanggilan pemain untuk gabung bersama Timnas Indonesia.

“Semua terserah Shin Tae Yong. Itu semua hak pelatih jadi kita tidak ikut campur soal itu [pemilihan pemain]. Dia sendiri yang cari pemain keturunan yang ada darah Indonesianya. Data-data dari Shin Tae Yong semua kalau pemain. Kalau pelatih kelas dunia begitu, straight sekali. Datanya banyak dia [Shin Tae Yong] yang cari,” ucap Iwan Bule kepada CNNIndonesia.com, Rabu (21/10).

Bahkan sampai saat ini, Iwan Bule mengaku tidak pernah mendapatkan bocoran soal nama-nama pemain yang akan dipanggil Shin Tae Yong ke Timnas Indonesia U-19. Termasuk nama-nama pemain yang akan promosi dan degradasi setelah Timnas U-19 pulang dari Kroasia pada Rabu (28/10).

“Itu Shin Tae Yong yang tahu nanti. Sampai sekarang saya tidak pernah tahu itu bocorannya,”imbuhnya. (TTF/ptr/CNNI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here