NMP
Ilustrasi pabrik Tesla di California, Amerika Serikat. (AP/Ben Margot)

NEW MALANG POS – Importir umum (IU) Prestige Image Motocars menyambut baik rencana Tesla yang berniat mendirikan pabrik di Indonesia. Prestige merupakan salah satu importir mobil-mobil Tesla yang sudah menjual unit ke banyak kalangan mulai dari selebriti hingga pejabat politik.

Presiden Direktur Prestige Image Motocars Rudy Salim mengatakan investasi Tesla mungkin menjadi nilai tambah buat Indonesia, khususnya terkait iklim investasi.

“Iya, tentu itu berita baik untuk meningkatkan iklim investasi. Indonesia juga berarti sudah dipandang sampai ada perusahaan besar ingin investasi,” kata Rudy, Kamis (22/10).

Rudy mengaku tidak dapat berbicara banyak soal rencana Tesla di Indonesia. Namun ia memperkirakan jika ada investasi dari Tesla kemungkinan tidak akan ditujukan untuk mendirikan pabrik perakitan mobil sebagai tahap awal.

Baca Juga: Jalan Tembus Paralayang-Brau-Gunungsari Mulai Digarap

“Tesla itu perakitan semua di California walau mobilnya sudah ada di beberapa negara. Pabrik di luar itu hanya di China, karena pasar di sana memang besar,” ucap dia.

Menurut Rudy ada kemungkinan investasi yang hendak ditanamkan Tesla hanya untuk pembuatan baterai dan power plant energy.

“Yang mereka bikin itu untuk power plant energy dan baterai, setahu saya itu. Kalau power plant itu seperti solar panel atau pembangkit listrik,” kata dia.

Dilansir dari CNN Indonesia, kabar investasi Tesla pertama diungkap Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ayodhia GL Kalake.

Ayodhia menyebut Tesla punya rencana berinvestasi di Indonesia dan telah mengontak Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan. Ayodhia namun tak menjelaskan maksud investasi Tesla untuk lokalisasi baterai atau perakitan mobil.

“Khusus untuk Tesla, pihak Tesla secara informal sudah menghubungi pak Menko Luhut, tetapi ini masih penjajakan awal dan belum terlalu detail. Kami perlu diskusi lebih lanjut bersama pihak Tesla,” kata Ayodhia beberapa waktu lalu.

Sementara itu Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyebutkan ada rencana pabrik Tesla didirikan di Kawasan Industri Terpadu Batang, Jawa Tengah.

Terkait kelanjutan investasi Tesla tersebut sejumlah pejabat Kemenperin yang dihubungi belum memberi jawaban. (ryh/CNNI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here