new malang pos
finalis Kakang Nimas Batu 2020

NEW MALANG POS, KOTA BATU-Dinas Pariwisata Kota Batu menggelar grand final ajang duta wisata Kangmas Nimas Kota Batu tahun 2020. Ajang duta wisata yang digelar tiap dua tahun sekali ini bertujuan untuk mempromosikan potensi dan destinasi wisata Kota Batu di kancah nasional hingga internasional.

Disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Batu Arief As Siddiq bahwa duta wisata merupakan cara untuk melakukan kaderisasi bagi kaum milenial. Dengan harapan para finalis duta wisata yang masuk dalam sepuluh besar mampu mengenalkan Kota Wisata Batu di penjuru dunia.

“Peserta Grand Final Kangmas Nimas 2020 merupakan putra-putri terbaik dengan beragam latar belakang pendidikan dan prestasinya. Merekalah yang bakal menjadi corong terdepan Pemkot Batu dalam mengenalkan potensi yang ada di Kota Batu,” ujar Arief kepada New Malang Pos dalam Grand Final Kangmas Nimas Kota Batu di Klub Bunga Batik Resort Batu, Rabu (21/10) malam.

Beberapa potensi yang akan dikenalkan dan diangkat diantaranya pariwisata, budaya, kesenian, pertanian, produk kerajinan hingga kuliner yang ada di Kota Wisata Batu. Mereka bakal bertugas selama dua tahun ke depan.

Sesuai dengan tema njajah desa (menjelajahi desa,red), milang kori (menghitung pintu), tiap finalis Kangmas Nimas telah melakukan perjalanan jauh menjelajahi potensi desa yang ada di Kota Batu.

“Kemudian dari tiap perjalanan mereka mencari pengalaman hidup untuk mengenal kehidupan di sana. Mulai dari watak, perilaku penduduknya hingga potensi desa wisata yang kemudian dieksplore dan diperkenalkan pada dunia,” bebernya.

Untuk itu, mantan kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu ini berharap para duta wisata Kota Batu bisa menjadi ujung tombak mengenalkan Kota Wisata Batu di tiap pelosok.

Jauh sebelum masuk dalam sepuluh besar, tentunya para peserta telah mengikuti berbagai rangkaian seleksi dari sekitar 200 peserta yang mendaftar di hadapan para juri. Mulai dari tahap tes tulis, interview dengan lima orang materi, public speaking, tentang pariwisata, Bahasa Inggris, hingga tes kepribadian. Kemudian tes tahap II meliputi focus group discussion tentang permasalahan di Kota Batu.

“Tak hanya mengenalkan potensi yang ada di Kota Batu, nantinya Kangmas Nimas bakal mewakili Kota Batu di ajang yang lebih tinggi lagi. Yakni Raka Raki Jatim dan ajang kecantikan lainnya. Karena itu kami berharap Kangmas Nimas Kota Batu mampu memberikan yang terbaik bagi dan untuk Kota Batu di kancah nasional dan internasional,” pungkasnya. (eri/adv/jon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here