new malang pos
Para penegak dari Kwarcab Malang beratraksi di Gapura Pringgondani dalam penilaian lomba Gelar Pioneering 500 tongkat tingkat Jawa Timur.

NEW MALANG POS, MALANG – Kwarcab Pramuka Kota Malang berhasil lolos menjadi 10 besar se-Jawa Timur dalam ajang lomba Gelar Pioneering 500 tongkat. Tim dari Kwarcab Kota Malang beranggotakan 10 personil yang berasal dari berbagai SMA/SMK se-Kota Malang.

Rabu (21/10) kemarin, tim juri dari Kwarda Jatim  melihat secara langsung dan melakukan penilaian di Pusdiklat Kwarcab Kota Malang, Rabu (21/10) kemarin.

“Juri datang untuk melihat kondisi yang sebenarnya di lapangan. Mereka ingin melihat struktur bangunan, kekuatan, keindahan dan juga filosofi yang dibangunnya,” ujar Ketua Kwarcab Pramuka Kota Malang Heri Sunarko kepada New Malang Pos.

Dalam ajang tersebut, menurutnya kontingen Kota Malang membuat gapura yang diberi nama Gapura Pringgondani. Gapura ini terdiri dari 500 tongkat Pramuka, tali pramuka, bendera tunas dan bendera semaphore dan menghabiskan waktu tidak lebih dari sebulan. Gapura ini pun memiliki filosofi yang mendalam.

“Gapura ini saya namakan sebuah nama, sebuah tempat, sebuah kerajaan yang rajanya adalah Raden Gatotkaca, putra dari salah satu Pandawa yakni Raden Werkudara. Harapan kita gapura ini bisa menginspirasi semua. Siapapun yang nanti masuk, yang membangun gapura ini adalah para ksatria dari gerakan Pramuka. Mereka adalah yang siap sedia dalam membantu siapapun,” jelasnya.

Dijelaskannya, nama Pringgondani ini pun bisa diartikan lain. Bila dibagi menjadi tiga bagian, maka menjadi Pring atau Bambu, Nggon atau tempat dan ndani yang berarti memperbaiki.

“Kalau diartikan berarti membuat di suatu tempat untuk memperbaiki diri sendiri. Karena menjadi ksatria tidak gampang, harus laku diri, ndandani diri. Kalau orang dulu topo broto, latih kanuragan atau pun latih ilmu. Untuk pramuka dilambangkan dengan membangun gapura. Adik adik kita inilah yang nanti menjadi ksatria pramuka, yang siap membantu siapapun yang membutuhkan,” bebernya.

Setelah penilaian ini, selanjutnya adalah babak tiga besar yang diperkirakan diumumkan pekan depan. Heri cukup optimis, kontingennya dapat melaju dan bersaing untuk menjadi juara.

“Saya optimis, bismillah, atas izin Allah bisa lolos,” tandasnya. (mp3/aim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here